Zelensky Minta Eropa Bersatu Dukung Ukraina

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 19 Juli 2024 | 21:00 WIB
Zelensky minta Eropa bersatu dukung Ukraina (Foto/Wikimedia Commons)
Zelensky minta Eropa bersatu dukung Ukraina (Foto/Wikimedia Commons)

BeritaNasional.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyerukan Eropa untuk tetap bersatu dalam mendukung Kiev. Ia mengatakan hal itu saat tiba di Inggris untuk menghadiri KTT Eropa di Inggris.

“Bagi kami, sangat penting untuk menjaga persatuan di Eropa karena persatuan ini selalu menghasilkan keputusan yang kuat,” kata Zelensky jelang pertemuan.

Zelensky akan bertemu dengan sekitar 45 pemimpin pada KTT Eropa di Istana Blenheim yang megah dekat Oxford.

Dikutip dari Kyiv Post, Pertemuan tersebut terjadi pada masa sulit bagi Ukraina, dalam perang melawan pasukan invasi Rusia.

Usai pertemuan puncak, Zelensky akan mengadakan pembicaraan terpisah dengan Perdana Menteri baru Inggris Keir Starmer dan bertemu dengan Raja Charles III.

“Kami akan menandatangani perjanjian antar pemerintah mengenai dukungan terhadap kompleks pertahanan dan industri Ukraina, membahas kerja sama pertahanan di masa depan, dan memperluas kemampuan pertahanan kami,” tulis Zelensky di X.

Zelensky juga mengapresiasi peran Inggris, sejak perang Ukraina melawan Rusia pada Februari 2022.

"Sejak hari-hari pertama invasi Rusia, Inggris selalu mendukung Ukraina. Ini upaya yang kami butuhkan untuk melawan Rusia," kata Zelensky.

KTT Komunitas Politik Eropa (EPC) memulai pertemuan puncak keempatnya di Inggris pada Kamis, dihadiri 45 pimpinan negara Eropa ke Istana Blenheim, Inggris.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: