Alasan Sejumlah SD Negeri Kekurangan Murid

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 20 Juli 2024 | 06:00 WIB
Ilustrasi anak SD (Foto/Pixabay)
Ilustrasi anak SD (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Saat ini beberapa sekolah dasar (SD) di sejumlah wilayah mengeluhkan kekurangan murid. Hal ini terjadi karena kebanyakan orangtua murid lebih suka anak-anaknya sekolah di sekolah swasta atau sekolah yang berbasis agama. 

Pengamat Pendidikan menilai fenomena ini sebagai peringatan bagi dunia pendidikan. 

Dikutip dari BBC Pengamat pendidikan dari Universitas Paramadina, Totok Amin Soefijanto mengatakan, sekolah negeri atau swasta bukanlah masalah, selama memiliki mutu dan kualitas yang sama. Selain itu sekolah juga mampu membuat anak didik jadi lebih cerdas dan berakhlak.

Namun Totok juga tidak menampik bahwa sejumlah sekolah negeri kurang berkualitas, sehingga orang tua lebih memilih menyekolahkan anaknya ke sekolah swasta yang dinilai lebih baik.

"Ini  tidak terjadi secara merata di seluruh wilayah Indonesia, tetapi fenomena ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Ini menunjukkan pendidikan harus ada perubahan yang lebih baik guna menghindari masalah di masa mendatang," kata Totok.

Tahun ajaran baru sudah dimulai seiring berakhirnya masa penerimaan peserta didik baru (PPDB), dan perjalanan panjang Annisa beserta suami dalam mencari sekolah untuk anak laki-lakinya sejak 2022 lalu pun telah usai. Sekolah swasta berbasis agama di Tangerang Selatan, Banten, menjadi pilihan mereka.

Sejak 2021, Annisa dan suaminya sudah mencari sekolah yang tepat untuk anaknya. Mereka sering survei ke beberapa sekolah untuk membandingkan kurikulum, biaya, fasilitas, dan juga mempertimbangkan kenyamanan sang anak.

Sejak awal, Annisa mantap menyekolahkan anaknya di sekolah swasta berbasis agama. Menurut dia, masa-masa SD sangat penting untuk pembentukan karakter anak, sehingga dia ingin memberikan kualitas pendidikan yang terbaik.

Namun ternyata Annisa dan Nuriy punya kegelisahan sama, yakni kualitas sekolah yang tidak merata, sehingga mereka memilih pendidikan dasar anaknya pada sekolah swasta.

Selain fasilitas yang lebih baik, menurut Annisa dan Nuriy, ada hal lain dari sekolah swasta yang tidak mereka dapatkan di sekolah negeri, yaitu soal guru dan kualitas belajar mengajar.

Sekolah swasta punya dua guru yang bertanggung jawab untuk satu kelas dengan jumlah murid 20-30 orang.

Sedangkan sekolah negeri, dengan jumlah siswa yang sama atau bahkan lebih, hanya ditangani oleh seorang guru. Oleh karena itu mereka yakin dengan guru yang lebih banyak, bisa mendidik anaknya dengan lebih fokus dan lebih baik.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: