Pemprov DKI: Kajian Program Sekolah Gratis akan Rampung Akhir Tahun Ini

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 20 Juli 2024 | 16:00 WIB
Program sekolah gratis (Foto/Pixabay)
Program sekolah gratis (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta menargetkan, kajian kebijakan sekolah gratis khususnya untuk sekolah swasta ditargetkan rampung akhir tahun ini. 

Plt Kepala Disdik DKI Jakarta Budi Awaluddin memastikan bahwa program sekolah gratis akan direalisasi. Namun, hal tersebut masih dalam pengkajian agar implementasinya dapat berjalan secara optimal.

"Kemungkinan ada harapan diimplimentasikan di Pemprov DKI Jakarta. Namun, kami masih memperhitungkan dan memitigasi secara detail keseluruhan kebijakan ini," kata Budi kepada wartawan, Sabtu (20/7/2024).

Budi berujar, kajian tersebut masih terus digodog oleh Disdik DKI. Ia pun berharap kajian ini dapat rampung pada akhir 2024.

"Kami usahakan akhir tahun (kajian) selesai. Mudah-mudahan kalau bisa (diimplementasikan pada) 2025, bagus banget," ujar Budi.

Sebelumnya, Komisi E DPRD Jakarta meminta Pemprov DKI untuk segera menerapkan kebijakan sekolah gratis, khususnya sekolah swasta.

Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjuntak berharap, program tersebut dapat dilaksanakan tahun depan. Pasalnya, Pemprov DKI tengah mengkaji mekanisme dari program itu.

"Ini tinggal bagaimana kita menerapkannya. Apakah di tahun 2025 atau 2026. Ya, 2025 paling bisa diusahakan secepatnya karena ini sudah tidak bisa lagi terlalu diulur-ulur," kata Jhonny kepada wartawan, Rabu (17/7/2024).

Bahkan, menurut Jhonny, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono turut menyetujui usulan sekolah gratis ini. Kini, Pemprov DKI sedang mengkaji mekanisme realisasi program tersebut.

"Pj Gubernur pun secara pembicaraan tidak formal dengan saya, beliau juga sangat menyetujui itu. Tinggal kita merapatkan barisan di eksekutif," ujar Jhonny.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: