Uni Eropa Kutuk Keras Resolusi Israel Menolak Negara Palestina

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 20 Juli 2024 | 21:00 WIB
Israel tolak negara Palestina (Foto/Pixabay)
Israel tolak negara Palestina (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Uni Eropa (UE) mengutuk keras resolusi parlemen Israel yang menolak pembentukan negara Palestina. UE meminta agar tetap melakukan solusi dua negara, Palestina dan Israel.

“Ada konsensus kuat di komunitas internasional bahwa satu-satunya solusi berkelanjutan yang akan membawa perdamaian dan keamanan di Timur Tengah adalah solusi dua negara,” kata blok tersebut dalam pernyataan tertulis.

Pernyataan itu menjelaskan, Uni Eropa menegaskan kembali komitmennya untuk mencapai perdamaian abadi melalui solusi dua negara sebagaimana diuraikan dalam Resolusi Dewan Keamanan PBB 2735, 2728, 2720, dan 2712 yang memastikan warga Palestina dan Israel dapat hidup aman dan bermartabat.

Blok tersebut mempertahankan pendiriannya dengan tidak mengakui perubahan pada perbatasan tahun 1967 kecuali disepakati oleh kedua belah pihak. “Kami akan terus bekerja secara aktif dengan mitra internasional dan regional untuk menghidupkan kembali proses politik untuk mencapai tujuan ini,” tegasnya.

Dikutip dari Antara, jalur yang kredibel menuju negara Palestina, lanjutnya, merupakan komponen penting proses politik tersebut.

“Tidak ada harapan, tidak adanya cakrawala bagi rakyat Palestina hanya akan memperdalam konflik,” tambahnya.

Israel selain menolak kedaulatan Palestina juga mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: