Gerindra Umumkan Dukungan Cagub di Pilgub 2024, Ada Kader Golkar dan PDIP

Oleh: Ahda Bayhaqi
Senin, 22 Juli 2024 | 20:26 WIB
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. (BeritaNasional/HO/Elvis Sendouw)
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. (BeritaNasional/HO/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Partai Gerindra mengumumkan calon gubernur yang diusung di Pilkada 2024. Calon gubernur yang baru diumumkan meliputi Provinsi Aceh, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Provinsi Maluku, Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Jawa Tengah, serta Sulawesi Selatan.

Hal itu menjadi keputusan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

"Pak Prabowo telah mengambil keputusan untuk lima calon gubernur yang sudah beliau putuskan untuk maju menjadi calon gubernur di lima provinsi," kata Sekjen Gerindra Ahmad Muzani saat konferensi pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/7/2024).

Pertama, Gerindra akan mengusung mantan Wagub Aceh Muzakir Manaf. Muzani berharap nantinya kader Gerindra yang akan menjadi calon wakil gubernur.

"Untuk Aceh, beliau putuskan calon gubernur yang beliau putuskan untuk maju menjadi calon gubernur adalah Saudara Haji Muzakir Manaf. Kemudian untuk wakil, beliau masih terus berkomunikasi dan berkoordinasi, harapannya bisa dari kader Gerindra," katanya.

Selanjutnya, Gerindra akan mengusung politikus Golkar Emanuel Melkiades Laka Lena sebagai calon gubernur Nusa Tenggara Timur.

"Kemudian Nusa Tenggara Timur, beliau memutuskan Saudara Emanuel Melkiades Laka Lena. Kemudian sama wakil gubernur juga terus berkomunikasi untuk beliau putuskan," kata Muzani.

Sementara di Pilgub Maluku Gerindra mengusung kadernya sendiri yaitu Ketua DPD Gerindra Maluku Hendrik Lewerissa.

"Kemudian untuk Maluku, beliau putuskan Saudara Hendrik Lewerissa, Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Maluku untuk maju menjadi calon gubernur di Provinsi Maluku," kata Muzani.

Selanjutnya, Gerindra akan mengusung politikus PDI Perjuangan Agustiar Sabran sebagai calon gubernur Kalimantan Tengah.

"Kemudian untuk Kalimantan Tengah, beliau putuskan adalah Saudara Agustiar Sabran sebagai calon gubernur Provinsi Kalimantan Tengah," kata Muzani.

Selanjutnya, Prabowo memutuskan akan mengusung Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur Jawa Tengah.

"Kemudian Jawa Tengah, Pak Prabowo putuskan adalah Irjen Polisi Drs Haji Ahmad Luthfi menjadi calon gubernur Provinsi Jawa Tengah," kata Muzani.

Terakhir, Gerindra juga mengumumkan nama pasangan calon gubernur Sulawesi Selatan yaitu Andi Sudirman Sulaiman-Hj. Fatmawati Rusdi.

"Itu beberapa nama yang Pak Prabowo putuskan untuk maju menjadi calon pemimpin, calon gubernur yang akan dipilih dalam Pilkada tanggal 27 November yang akan datang," kata Muzani.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: