Pembangunan LRT Fase 1B: Rel Layang Stasiun Velodrome ke Rawamangun Telah Tersambung

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 23 Juli 2024 | 09:30 WIB
Pembangunan LRT Jakarta fase 1B. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Pembangunan LRT Jakarta fase 1B. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) akhirnya mengungkap pembangunan LRT Jakarta fase 1B Velodrome-Manggarai. Pembangunannya telah mencapai 22,4 persen per minggu ke-24. Kini, pekerjaan utama yang sedang dilakukan adalah pengerjaan struktur atas, terutama pada 1 kilometer pertama.

Direktur Teknik dan Pengembangan Jakpro Dian Takdir mengatakan rel layang dari Stasiun Velodrome ke Stasiun Rawamangun mulai tersambung.

"Viaduct atau jalur layang utama kereta LRT Jakarta hampir sepenuhnya tersambung pada 1 km pertama dari stasiun eksisting, Stasiun Velodrome hingga Rawamangun, yang merupakan stasiun pertama ke arah Manggarai untuk proyek LRT Jakarta fase 1B ini," kata Dian dalam keterangannya pada Selasa (23/7/2024).

Pengerjaan pada 1 kilometer pertama ini menjadi prioritas karena adanya milestone test track yang direncanakan pada September 2024. Dari total 44 titik pier atau kolom, sebanyak 41 pier head atau kepala kolom telah terpasang. 

"Slab deck atau pelat lantai serta parapet atau dinding dari viaduct sudah dibuat pada girder-girder yang telah layak menanggung beban," ujar Dian.

Sebagai informasi, LRT Jakarta fase 1B memiliki panjang jalur sepanjang 4,6 kilometer yang terdiri atas lima stasiun, yaitu Stasiun Pemuda Rawamangun, Pramuka BPKP, Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan Manggarai.

Bagi seluruh LRT Jakarta, kini terdapat enam stasiun LRT yang beroperasi dengan panjang 5,2 kilometer. Halte-halte itu adalah Stasiun Pegangsaan dua, Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, Equestrian, dan Velodrome.

Karena itu, jika fase 1B telah terbangun, LRT Jakarta memiliki panjang rute 12,2 kilometer dengan 11 stasiun mulai dari Stasiun Pegangsaan Dua hingga Manggarai. 

Diperkirakan, perjalanan dari Pegangsaan Dua hingga Manggarai dapat ditempuh selama 26 menit.

Pemprov DKI Jakarta menargetkan LRT Jakarta Fase 1B seluruhnya selesai selama tiga tahun hingga Agustus 2026. Pada 2024, ditargetkan LRT sudah terbangun sampai Stasiun Pramuka.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: