Cak Imin Singgung Persoalan Haji yang Tidak Ada Solusi

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 23 Juli 2024 | 16:18 WIB
Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar. (Foto/Ahda Bayhaqi)
Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar. (Foto/Ahda Bayhaqi)

BeritaNasional.com -  Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, menyoroti penyelenggaraan haji 2024 yang bermasalah. Namun Kementerian Agama merespons balik dengan kritik.

"Penanganan seperti itu adalah contoh jalan keluar yang tidak biasa, tidak business as usual, tidak resolutif. Kemarin dikritik malah marah Kemenag," kata politikus yang akrab disapa Cak Imin saat Mukernas PKB di JCC, Jakarta, Selasa (23/7/2024).

Kritik yang dimaksud adalah ketika jamaah haji di Mina, antara perempuan dan laki-laki, ditempatkan dalam satu ruangan dengan kondisi yang berdekatan.

"Dikritik soal Mina, di mana orang tidur laki-laki dan perempuan bertumpuk dalam kondisi pakaian ihram, jawabannya 'ya sejak zaman Nabi ya memang begitu'. Ini jawaban khas Indonesia, kita tidak boleh mentolerir ketidakberdayaan kita," kata Cak Imin.

Menurut Cak Imin, seharusnya masalah-masalah seperti ini dibenahi. Harus ada solusi yang bisa diberikan oleh Kementerian Agama.

"Saya setuju semakin lancar dan mudahnya ibadah, InsyaAllah pahalanya semakin tinggi dan semakin besar. Itu contoh-contoh kasus dari penanganan birokrasi yang tidak ada solusi. Berulang lagi," kata Wakil Ketua DPR RI ini.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: