Hamzah Haz Meninggal Dunia, Jokowi: Atas Nama Bangsa dan Rakyat Kami Berduka

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 24 Juli 2024 | 14:14 WIB
Presiden Jokowi melayat ke rumah duka Hamzah Haz. (BeritaNasional/Ahda Bayhaqi).
Presiden Jokowi melayat ke rumah duka Hamzah Haz. (BeritaNasional/Ahda Bayhaqi).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka cita atas meninggalnya Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz. Jokowi menyampaikan duka mendalam atas nama bangsa dan negara.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, telah berpulang ke rahmatullah tadi pagi almarhum Bapak Dr. H. Hamzah Haz dalam usia beliau yang ke 84 tahun, atas nama pemerintah, atas nama bangsa dan rakyat, kami ikut berduka cita yang mendalam," kata Jokowi di rumah duka Jalan Tegalan, Matraman, Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Jokowi mengatakan, Hamzah Haz adalah sosok negarawan yang telah mengabdi untuk bangsa dan negara.

"Beliau adalah seorang negarawan yang telah mengabdi untuk bangsa dan negara baik sebagai Wakil Presiden di tahun 2001-2004 maupun pengabdian lainnya yang kita tahu sangat-sangat banyak," katanya.

Jenazah Hamzah Haz akan disalatkan di masjid dekat rumah duka. Lalu akan dimakamkan di Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

"Nanti upacara pemakaman akan dipimpin oleh Pak Menko dan dilaksanakan di pemakaman di Bogor," kata Jokowi.

Sebelumnya, Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz meninggal dunia pada hari ini, Rabu (24/7/2024). Kabar itu sebagaimana disampaikan oleh Sekjen PPP Arwani Thomafi.

Hamzah diketahui merupakan Ketua Umum PPP selama dua periode dari 1998-2007. Karena itulah, PPP menyampaikan rasa duka, terlebih almarhum meninggalkan banyak legacy bagi partai berlambang kabah itu. 

“Almarhum merupakan Ketua Umum PPP dua periode (1998-2007), Wakil Presiden ke-9 RI (2001-2004). Sosok politisi yang profesional, mengayomi dan menginspirasi seluruh kader,” ujar Arwani di Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Hamzah Haz wafat di usia 84 tahun, pada pukul 09.30 di Kediaman Tegalan, Matraman Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Arwani menyebutkan Hamzah Haz meninggalkan keteladanan yang baik bagi partai dan menjadi role model bagi kader dalam berpartai dan bekerja di jabatan publik. 

“Pak Hamzah merupakan kombinasi politisi sekaligus sosok profesional. Beliau legenda bagi PPP,” ucap Arwani. sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: