Korut Kirimkan 500 Balon Sampah ke Korsel

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 26 Juli 2024 | 04:00 WIB
Korut kirim ratusan balon sampah ke Korsel (Foto/Yonhap)
Korut kirim ratusan balon sampah ke Korsel (Foto/Yonhap)

BeritaNasional.com - Korea Utara (Korut) terus mengirimkan balon-balon berisi sampah ke Korea Selatan (Korsel). Ini merupakan upaya Korut untuk membalas kampanye anti-Korut yang dilakukan oleh aktivis dari Korsel.

Bahkan Dinas Keamanan Presiden (PSS) menyatakan, sebuah balon pembawa sampah yang dikirim oleh Korea Utara (Korut) mendarat di halaman Kantor Kepresidenan Korea Selatan (Korsel) di Yongsan, Seoul.

Dikutip dari Yonhap, pada balon sampah itu tidak ditemukan sesuatu yang berbahaya, hanya sampah biasa. Jadi Kantor Kepresiden Korsel kondisinya aman saja.

Korut mengirimkan sekitar 500 balon berisi sampah berupa kertas bekas, dan plastik. Balon sampah yang jatuh di halaman kantor Kepresidenan Korsel juga berisi sampah kertas dan plastik.

Korea Utara terus meluncurkan balon-balon pembawa sampah. Sedangkan militer Korea Selatan mengumandangkan siaran anti-Korut dalam skala penuh melalui pengeras suara di perbatasan sebagai tanggapan atas peluncuran balon-balon tersebut.

Peluncuran balon udara pada Rabu terjadi hanya tiga hari setelah Korea Utara menerbangkan sekitar 500 balon serupa pada hari Minggu sebagai bagian dari kampanye balon udara yang dimulai pada akhir Mei sebagai aksi balas-membalas terhadap selebaran anti-Korut. Selebaran anti-Korut dikirim oleh para aktivis anti-Korut dan para aktivis di Korea Selatan menuju Korut.

Sebagai tanggapan, Korea Selatan secara singkat melakukan siaran propaganda melalui pengeras suara pada tanggal 9 Juni untuk pertama kalinya dalam enam tahun terakhir sebelum mematikannya sebagai upaya nyata untuk mencegah situasi menjadi tidak terkendali.

Setelah melanjutkan sebagian operasi pengeras suara minggu lalu, militer telah melakukan siaran propaganda di semua lini dengan pendekatan yang ditingkatkan.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: