Didesain Didit Hediprasetyo, Ini Seragam Tim Indonesia untuk Defile Opening Olimpiade Perancis 2024

Oleh: Lydia Fransisca
Jumat, 26 Juli 2024 | 11:30 WIB
Ilustrasi seragam Tim Indonesia (Foto/Instagram/Timindonesiaofficial)
Ilustrasi seragam Tim Indonesia (Foto/Instagram/Timindonesiaofficial)

BeritaNasional.com - Kontingen Indonesia akhirnya mengumumkan seragam yang akan digunakan saat defile parade pembukaan Olimpiade Paris 2024.

Seragam ini dirancang oleh putra Presiden Terpilih Prabowo Subianto, yaitu Didit Hediprasetyo.

Di desain kali ini, Didit memasukan unsur tradisional Indonesia yang dipadukan dengan modernitas. Hal ini bisa dilihat dari bentuk seragam yang berupa beskap dan kebaya. 

"Harapan saya dapat menciptakan desain yang menjadi wujud kebanggaan, semangat, dan ketangguhan bangsa kita. Sekaligus memastikan bahwa setiap atlet muncul dan menjadi diri mereka yang terbaik saat berkompetisi di panggung dunia," kata Didit, dikutip dalam akun Instagram @timindonesia, Jumat (26/7/2024).

Didit menjelaskan, bahan yang digunakan adalah kain berkualitas tinggi berupa denim Indonesia stone washed dan beludru mewah serta jaring sutra.

Untuk laki-laki, seragam defile ini didesain seperti perpaduan jaket biker dengan beskap dengan bahan denim stone washed. Terdapat juga aksen warna merah putih di bagian lengan. Baju ini juga dipadankan dengan celana panjang berwarna putih.

Sedangkan untuk perempuan, seragamnya berbentuk Kebaya Kutubaru berwarna merah yang dipasangkan dengan celana highwaist putih. 

Didit menjelaskan, desain ini terinspirasi dari sosok Raden Saleh yang merupakan pionir pelukis beraliran romantisme asal Jawa. 

Perjalanan Raden Saleh dari Jawa Tengah sampai ke istana-istana Eropa pada abad ke-19 mencerminkan kebangkitan bangsa Indonesia di kancah internasional.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: