Panas! Gus Yahya Tegaskan PKB Tidak Punya Otoritas Atas Keputusan PBNU

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 28 Juli 2024 | 17:30 WIB
Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Hubungan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memanas. PBNU menurunkan tim untuk menyelesaikan masalah dengan PKB yang kerap menyerang institusi NU.

Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya menegaskan bahwa PKB tidak punya otoritas terhadap keputusan-keputusan PBNU.

"Serangan ditujukan kepada lembaga. Padahal ya jelas bahwa PKB tidak punya otoritas apapun, dalam pengambilan keputusan di lingkungan kelembagaan NU," kata Yahya saat konferensi pers di Hotel Bidakara, Jakarta, Minggu (28/7/2024).

PBNU menegaskan memiliki mekanisme internal sendiri. Tetapi bukan berarti PBNU tidak mau mengurus PKB.

Sebab warga NU tersebar di banyak partai bukan hanya PKB saja.

"Kami punya mekanisme, kami punya macam-macam bukan berarti kami enggak mau ngurus PKB loh ya, bukan berarti itu, karena kami tahu banyak warga NU ada di sana yang memang harus kami perhatikan juga, tapi sekali lagi ada banyak warga NU juga di tempat lain, yang juga harus kami layani semuanya," kata Yahya.

PBNU menduga serangan PKB karena masalah Pemilu 2024. Tetapi, Yahya menegaskan tidak bisa PKB secara gamblang menyerang organisasi PBNU.

"Apakah ini ada kaitannya dengan pemilu? ya mungkin dalam persepsi mereka begitu, tapi, ya kan enggak bisa lalu NU secara kelembagaan atau PBNU secara kelembagaan dikait-kaitkan dengan itu ya, bahasa saya akal-akalannya sendiri kok nyalahkan orang," ujar Yahya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: