Survei Pilgub Sumut: Bobby Nasution Teratas, Diikuti Edy Rahmayadi, Ahok Ketiga

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 28 Juli 2024 | 17:10 WIB
Bobby Nasution (kiri) saat berada di Kantor DPP PKB, Jakarta. (BeritaNasional/Ahda)
Bobby Nasution (kiri) saat berada di Kantor DPP PKB, Jakarta. (BeritaNasional/Ahda)

BeritaNasional.com - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei Pilgub Sumatera Utara 2024. Wali Kota Medan Bobby Nasution memimpin elektabilitas sebagai calon gubernur Sumatera Utara.

Dalam simulasi top of mind, elektabilitas Bobby sebesar 34,2 persen. Tidak ada yang menandingi menantu Presiden Joko Widodo itu.

Tokoh di urutan kedua survei elektabilitas calon gubernur Sumatera Utara adalah calon gubernur petahana Edy Rahmayadi dengan elektabilitas 15,1 persen.

"Berjenjang itu mulai pertanyaan top of mind, nah di sini, kita lihat untuk sementara yang unggul adalah Bobby Afif Nasution dengan 34 persen di top of mind. Disusul Edy Rahmayadi 15,1 persen," ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat rilis survei secara daring pada Minggu (28/7/2024).

Sementara itu, nama-nama lain masih di bawah 10 persen dalam simulasi top of mind. Namun, ada dua nama yang elektabilitasnya di atas 1 persen, yaitu Musa Rajekshah dengan elektabilitas 4 persen dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok 3,3 persen.

Dalam simulasi 23 nama, tidak banyak perubahan. Bobby masih memimpin elektabilitas calon gubernur Sumatera Utara. Malah angkanya bertambah mencapai 41,2 persen.

Edy Rahmayadi membuntuti Bobby dengan elektabilitas sebesar 21,1 persen.

"Kalau kita lihat di semi terbuka 23 nama, kondisinya hampir sama, dua nama teratas Bobby Afif Nasution dan Edy Rahmayadi. Jarak antara Bobby dengan Edy juga mirip," ujar Djayadi.

Sementara itu, nama Ahok berada di urutan ketiga dengan elektabilitas sebesar 7,3 persen. Meski belum mencapai angka 10 persen, elektabilitas mantan gubernur Jakarta itu cukup meningkat dari simulasi top of mind. Di bawah Ahok, ada nama Musa Rajekshah dengan elektabilitas 5,8 persen.

"Nama-nama lain, termasuk Ahok yang sering disebut katanya mungkin bertarung di Sumut juga, tapi kita enggak tahu, itu angka dukungan elektabilitasnya di simulasi 23 nama itu di 7,3 persen. Di bawah 10 persen. Demikian juga dengan Ijeck yang menjadi Wagub di masa Edy, itu juga masih di bawah 10 persen," kata Djayadi.

LSI menggelar survei tatap muka di Sumatera Utara pada 7-17 Juli 2024. Sebanyak 800 responden diambil secara acak dengan metode multistage random sampling. Survei memiliki margin of error 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: