Pencopotan KH Marzuki Mustamar Bikin PBNU Geram terhadap PKB

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 28 Juli 2024 | 18:01 WIB
Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf mengungkap salah satu kasus yang bikin PBNU geram terhadap serangan PKB. Salah satunya adalah mengenai pencopotan KH Marzuki Mustamar dari jabatan ketua PWNU Jawa Timur pada akhir 2023 lalu. PKB melancarkan serangan-serangan keras terhadap keputusan PBNU.

"Ya misalnya kemarin ada pernyataan yang menghakimi bahwa keputusan PBNU tentang PWNU Jawa Timur tidak bisa dibenarkan, dan mereka tidak bisa terima, dan bahwa mereka akan buatkan SK sendiri untuk pengurus PWNU Jawa Timur, ini kan masalah," ujar Yahya saat konferensi pers di Hotel Bidakara, Jakarta, Minggu (28/7/2024).

Yahya menegaskan PBNU dan PKB merupakan organisasi yang berbeda. PBNU punya mekanisme internal sendiri.

"Ini organisasi yang terpisah jadi kemarin kan memang PBNU memberhentikan ketua PWNU Jawa Timur, itu mekanisme kami sendiri internal NU, kan tidak bisa lalu PBNU menyalah-nyalakan kemudian mau membuat SK PWNU Jawa Timur sendiri kan tidak bisa," ujarnya.

Yahya mengatakan, sikap PKB tersebut berbau politisi. Ada kepentingan dan agenda politik tertentu dari PKB. Karena itu PBNU menyikapi dengan membentuk tim untuk mengurus masalah ini.

"Ini tentu masalah kita harus menyikapi tapi kita tahu kita paham lama ada kepentingan politik disitu, ada agenda-agenda politik disitu kami paham, maka kami juga tidak mau melangkah tergesa-gesa. Kami kan tidak mau ikut-ikutan jadi kayak anak kecil gitu kan," tegasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: