Prabowo Senyum-senyum PKS Minta Diajak Gabung Koalisi

Oleh: Ahda Bayhaqi
Senin, 29 Juli 2024 | 18:30 WIB
Ketua Umum Gerindra dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Ketua Umum Gerindra dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan kepada Ketua Umum Gerindra dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto terkait PKS yang ingin diajak bergabung sebagai koalisi pendukung pemerintahan Prabowo-Gibran. 

Saat Harlah PKB, PKS mengaku tidak ingin ditinggalkan PKB yang diajak oleh Gerindra bergabung ke pemerintahan.

Dasco mengungkap respons Prabowo ketika mendengar informasi tersebut. Prabowo senyum-senyum mendengarnya.

"Ya, saya sudah sampaikan kepada Pak Prabowo bahwa PKS di harlah (PKB) minta diajak. Sambutannya Pak Prabowo senyum-senyum saja," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (29/7/2024).

Dasco juga melaporkan kepada Prabowo terkait dirinya mengajak PKB untuk segera bergabung dengan koalisi Prabowo-Gibran.

Sampai hari ini, belum ada tindak lanjut dari ajakan tersebut. Sebab, PKB masih ingin mengambil keputusan di internalnya.

"Ya, belum ada tindak lanjut. Kami kan baru ngajak, kemudian bisik-bisiknya kalau begitu ya nanti kita ngobrol-ngobrol dulu di internal, katanya begitu," kata Dasco.

Wakil ketua DPR ini mengungkapkan, komunikasi dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar belum dibahas terkait syarat-syarat untuk berkoalisi.

"Sebenarnya, kami belum bicara lebih lanjut ya, apakah kemudian syarat-syarat berkoalisi itu apa, cuma kan kemarin ya secara spontan saya ajak. Secara spontan juga mereka tertarik, tapi nanti mau bicara di internal dulu," kata Dasco.

Syarat untuk berkoalisi itu, kata Dasco, akan dibahas bersama para ketua umum partai politik pendukung Prabowo.

"Ya, kalau syarat-syarat pasti ada lah untuk bergabung, tapi apa itu syaratnya nanti biar Ketum-Ketum partai yang kemudian membicarakan," katanya.

Sebelumnya, Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyampaikan keinginan PKS menjadi partai pendukung pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang. 

Syaikhu menyampaikan hal itu di hadapan Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad saat Harlah PKB ke-26 di JCC, Jakarta, Selasa (26/7/2024).

Awalnya, pada kesempatan ini, Dasco mengajak PKB untuk ikut bergabung dengan koalisi pendukung Prabowo-Gibran. Ternyata, PKS juga ingin ikut diajak.

"Saya diajari oleh kiai dan tadi Pak Dasco juga sudah mengungkapkan bahwa memang perlu ada kolaborasi dari elemen-elemen bangsa karena memang membangun negeri kita yang kita cintai yang sedemikian besar, untuk mewujudkan sebuah peradaban besar, sangat tidak mungkin dilakukan seorang diri, karena begitu juga tidak mungkin oleh satu partai saja," ujar Syaikhu.

"Karena itu, saya kira untuk Pak Dasco khususnya, dan Gerindra, ajak-ajak lah PKS," sambungnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: