Pertamina Umumkan Penyesuaian Harga BBM Nonsubsidi, Pertamax Naik atau Enggak?

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 02 Agustus 2024 | 16:30 WIB
Ilustrasi pengisian BBM. (Foto/Pertamina)
Ilustrasi pengisian BBM. (Foto/Pertamina)

BeritaNasional.com - PT Pertamina Patra Niaga menyesuaikan harga BBM nonsubsidi yang terdiri atas Pertamax Turbo, Pertamax Green 95, Pertamina Dex, Dexlite.

Namun, kabar baiknya, pihaknya tidak menaikkan harga Pertamax.

“Pertamina Patra Niaga mengevaluasi ulang dan menyesuaikan harga untuk Pertamax Green RON 95, Pertamax Turbo RON 98, serta BBM nonsubsidi untuk kendaraan diesel, yaitu Dexlite dan Pertamina Dex, berlaku per 2 Agustus 2024. Untuk Pertamax harga tetap,” ujar Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Penyesuaian harga BBM nonsubsidi Pertamina Patra Niaga, kata dia, mengacu pada tren harga rata-rata Indonesian crude oil price (ICP) atau harga jual minyak mentah di Indonesia serta nilai tukar rupiah terhadap dolar AS (USD).

Heppy menjelaskan penyesuaian harga BBM nonsubsidi telah dilakukan oleh seluruh badan usaha pada awal Agustus 2024.

Heppy melanjutkan kebijakan penyesuaian harga BBM nonsubsidi Pertamina selalu mempertimbangkan stabilitas ekonomi dan daya beli masyarakat.

Karena itu, meskipun tren ICP mengalami kenaikan sejak akhir trimester pertama, harga BBM nonsubsidi Pertamina Patra Niaga tidak mengalami perubahan sejak Maret 2024.

Dengan penyesuaian di awal Agustus ini, kata dia, untuk wilayah DKI Jakarta, Pertamax tetap di harga Rp12.950 per liter, Pertamax Green disesuaikan menjadi Rp15.000 dari sebelumnya Rp13.900 per liter.

Lebih lanjut, Pertamax Turbo menjadi Rp15.450 dari sebelumnya Rp14.400 per liter, Dexlite menjadi Rp15.350 dari sebelumnya Rp14.550 per liter, dan Pertamina Dex di harga Rp15.650 dari sebelumnya Rp15.100 per liter.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: