Viral KRL Kepenuhan Penumpang hingga Pintu Tak Bisa Tertutup Rapat saat Jalan

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Jumat, 02 Agustus 2024 | 20:41 WIB
Penumpang KRL. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Penumpang KRL. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Viral di media sosial menampilkan video pintu KRL yang tidak bisa tertutup rapat, namun tetap berjalan. Bahkan di dalam rangkaian kereta para penumpang terlihat berdesakan-desakan.

Berdasarkan video yang beredar di media sosial, terlihat salah satu pintu KRL rute Bogor-Jakarta Kota tidak bisa tertutup. Bahkan salah satu petugas keamanan di sana mencoba menutup pintunya tapi tetap tidak bisa tertutup.

“Kira-kira apakah rangkaian ini masih layak pakai min? 

@CommuterLine  pintu nya gabisa ditutup, tapi akhirnya kereta tetap dipaksakan jalan. Bahaya bangekt kan ini. Ini rute bogor-kota, tolong lah dievaluasi lagi, kereta-kereta yang udah ga layak pakai ya jangan dipaksakan juga,” cuit akun @adi******

Mengenai viralnya video tersebut, External Relations and Corporate Image Care KAI Commuter, Leza Arlan mengatakan bila benar peristiwa tersebut dikarenakan adanya gangguan pada pintu KRL Commuter Line.

“Terkait kabar kabar pintu kereta Commuter Line yang belum tertutup saat berjalan, dapat kami sampaikan bahwa benar terdapat gangguan pada pintu kereta Commuter Line no.1155,” ujar Leza saat dihubungi Beritanasional.com, Jumat (2/8/2024).

Bahkan, kata Leza, KRL itu juga tidak bisa tertutup dikarenakan ada penumpang yang menahan pintu. Hal ini dikarenakan padatnya penumpang yang berada di dalam rangkaian kereta.

“Hal ini akibat adanya pengguna layanan Commuter Line yang menahan pintu, selain juga kepadatan pengguna sehingga pintu tidak dapat tertutup dengan sempurna,” jelas Leza

Dijelaskan Leza, petugas keamanan juga sudah membantu menutup pintu KRL. Kemudian, melakukan koordinasi agar pintu KRL tersebut bisa diperbaiki.

“Petugas keamanan di kereta membantu menutupnya, selain juga berkoordinasi dengan tim teknis untuk melakukan pengecekan dan perbaikan pada salah satu pintu yang terkendala. Setelah dilakukan perbaikan pada pintu kereta ketujuh Commuter Line itu, pintu dapat ditutup kembali dan kereta dapat melanjutkan perjalanan,” jelas dia.

Lebih jauh, dia mengingatkan kepada semua pengguna KRL agar tertib dan tidak menahan pintu saat akan ditutup. Begitu juga, saat keadaan gerbong kereta sudah penuh untuk tidak memaksakan masuk ke dalamnya.

“Kami imbau kepada seluruh pengguna untuk tidak menahan atau mengganjal pintu pada saat akan ditutup. Untuk keselamatan bersama, tidak memaksakan masuk apabila kondisi kereta sudah penuh. Para pengguna untuk tetap mengutamakan keselamatan diri pada saat menggunakan Commuter Line,” tandas dia.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: