3 Faktor Penyebab Atlet Pensiun Dini

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 04 Agustus 2024 | 00:04 WIB
Ilustrasi depresi. (Foto/Frepik)
Ilustrasi depresi. (Foto/Frepik)

BeritaNasional.com - Bukan hanya cedera yang menjadi satu-satunya penyebab seorang atlet pensiun dini. Ada banyak faktor lainnya yang membuat mereka terpaksa menamatkan karirnya, antara lain:

Depresi

Cedera dengan durasi panjang bisa membuat seorang pemain depresi. Kefrustasian itu disebabkan karena sakit yang terus dialami dan tak kunjung usai. Setelah sembuh pun pemain itu bisa tetap mengalami depresi akibat trauma ataupun mental breakdown.

Proses operasi yang gagal

Operasi berat tidak selalu 100% berhasil. Cedera berat seperti patah tulang membutuhkan banyak operasi. 

Contohnya Dave Busst, bek Coventry ini ditekel Irwin dan McLair dalam perebutan bola 50–50 pada saat Coventry menjamu Manchester United pada bulan April 1996. 

Kaki Busst patah hingga berputar 90°. Saking parahnya cedera itu, Schmeichel yang melihatnya pun membutuhkan konseling berminggu-minggu untuk menghilangkan trauma dari melihat cedera tersebut. 

Busst menjalani 22 kali operasi. Banyaknya operasi itu karena beberapa kali kakinya mengalami infeksi setelah operasi sebelumnya. Busst mengaku beruntung masih bisa berjalan setelah cedera yang dialaminya tersebut.

Proses rehabilitasi yang tidak maksimal.

Entah karena alatnya yang tidak maksimal (yang jarang amat terjadi pada kasus pemain sepakbola) atau karena kurang cocok atau kurang mampunya tim fisioterapis yang menangani cedera pemain tersebut sehingga membuat proses rehabilitasi menjadi suatu proses panjang yang menyakitkan.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: