Heru: Presiden Jokowi akan Kumpulkan Seluruh Kepala Daerah di IKN

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 06 Agustus 2024 | 13:08 WIB
Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono (tengah) (Beritanasional/Lydia)
Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono (tengah) (Beritanasional/Lydia)

BeritaNasional.com - Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumpulkan seluruh kepala daerah di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Heru mengatakan, pertemuan kepala daerah dengan Jokowi itu akan digelar pada 13 Agustus 2024 mendatang. Tak hanya kepala daerah definitif, Penjabat (Pj) juga dipanggil Jokowi.

"Iya, 13 Agustus para gubernur se-Indonesia dikumpulkan, Pj gubernur juga oleh Pak Presiden. Pertama adalah bupati/walikota pukul 9 pagi, setelah itu pukul 10 dilanjutkan para gubernur, tentunya memberikan pengarahan kepada bupati/walikota dan gubernur," kata Heru kepada wartawan di Jakarta Selatan, Kamis (6/8/2024).

Heru berujar, pertemuan itu akan membahas berbagai persoalan daerah, mulai dari Pilkada serentak 2024 dan realisasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD).

"Macam-macam, ada tahapan proses pilkada, wilayah masing-masing harus aman, menjaga netralitas," ujar Heru.

"Lantas juga bisa merealisasikan kegiatan kegiatan RPJPD, rencana pembangunan jangka pendek daerah, banyak," tambahnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional Raja Juli Antoni mengatakan, Jokowi akan berangkat ke IKN pada 11 Agustus 2024.

"Tanggal 12-nya akan ada rapat kabinet paripurna di sana, tanggal 13-nya bupati, walikota, gubernur juga akan datang untuk rapat koordinasi. Insya Allah semua akan lancar mohon doanya," kata Raja Juli.

Meski demikian, Raja Juli tak merinci lebih lanjut pejabat siapa saja yang akan berangkat ke sana. 

"Saya enggak tahu ya jumlahnya. Dihitung-hitung saja," tambahnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: