Presiden Tunisia Pecat Perdana Menteri Ahmed Hachani

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 08 Agustus 2024 | 16:22 WIB
Presiden Tunisia Kais Saied memecat Perdana Menteri Ahmed Hachani (Foto/Northen Africa News)
Presiden Tunisia Kais Saied memecat Perdana Menteri Ahmed Hachani (Foto/Northen Africa News)

BeritaNasional.com - Presiden Tunisia Kais Saied baru saja memecat Perdana Menteri Ahmed Hachani. Kemudian ia menunjuk Menteri Sosial Kamel Maddouri sebagai perdana menteri baru. 

Hachani diangkat sebagai perdana menteri Tunisia pada Agustus tahun lalu. Beberapa jam sebelum ia diberhentikan, Hachani mengatakan, pemerintah sudah membuat kemajuan dalam sejumlah isu meskipun ada tantangan global, termasuk mengamankan kebutuhan pangan dan energi.

Dikutip dari VOA, pemecatan sang perdana menteri terjadi di tengah ketidakpuasan masyarakat terhadap krisis air dan pemadaman listrik yang terus berulang di berbagai wilayah di negara itu.

Pemerintah mengatakan, Tunisia mengalami kekeringan terus menerus yang menyebabkan diterapkannya sistem kuota dalam distribusi air.

Saied melihat pengurangan air sebagai konspirasi jelang pemilihan presiden. Ia juga mengatakan, bendungan-bendungan saat ini penuh air.

Saied mengumumkan, pencalonan dirinya dalam pemilihan presiden pada bulan Oktober mendatang di tengah kritik yang luas dari pihak oposisi, kelompok HAM, dan para kandidat lainnya. Ia dinilai mengintimidasi para pesaingnya demi memenangkan masa jabatan kedua.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: