Semarak HUT Ke-79 RI di Jakarta, Urus Adminduk Dapat Bendera Merah Putih

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 08 Agustus 2024 | 16:15 WIB
Proses pembuatan bendera Merah Putih. Pemprov membagikan bendera itu untuk warga yang mengurus adminduk di Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Proses pembuatan bendera Merah Putih. Pemprov membagikan bendera itu untuk warga yang mengurus adminduk di Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Pemprov DKI Jakarta melalui jajaran Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Timur membagikan bendera Merah Putih secara gratis kepada warga yang mengurus administrasi kependudukan (adminduk) di kantor kelurahan, kecamatan, dan suku dinas (sudin). 

Hal tersebut dilakukan untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Indonesia.

Kasubag Tata Usaha (TU) Sudin Dukcapil Jakarta Timur Sutikno menuturkan setiap loket layanan adminduk telah disiapkan bendera mini yang dilengkapi dengan tangkainya untuk dibagikan kepada warga yang datang.

"Tahun ini, kami bagikan bendera Merah Putih di setiap loket layanan masyarakat," kata Sutikno pada Kamis (8/8).

Menurut dia, bendera mini ini dibagikan setiap Rabu selama Agustus 2024 pada tiap loket layanan yang ada di 65 kelurahan, 10 kecamatan dan kantor Sudin Dukcapil.

"Total bendera yang kami siapkan ada 3.040," tuturnya.

Sementara, Kasatpel Dukcapil Kelurahan Cilangkap, Audia Rininda mengungkapkan, warga yang mengurus dokumen adminduk di tempatnya sangat senang mendapat bendera mini berukuran 18x12 sentimeter tersebut.  

"Warga sangat senang menerimanya. Kita rutin berikan setiap Rabu, sesuai arahan dari pimpinan," katanya.

Saidah (41), salah seorang warga RW 03 mengungkapkan, pemberian bendera ini merupakan edukasi bagi anak-anaknya agar selalu mengingat perjuangan para pahlawan dalam memerdekakan negeri ini.  

"Pembagian bendera ini membangkitkan semangat nasionalisme kita sebagai anak bangsa," tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: