Format Liga Champions Musim 2024/2025 Dirombak Total, Begini Skemanya

Oleh: Tarmizi Hamdi
Kamis, 08 Agustus 2024 | 19:30 WIB
Trofi Liga Champions. (Foto/UEFA)
Trofi Liga Champions. (Foto/UEFA)

BeritaNasional.com - Format Liga Champions UEFA, Liga Eropa, dan Liga Konferensi UEFA dirombak total pada musim ini 2024/2025.

Liga Champions tidak lagi memainkan sistem grup, tetapi dikumpulkan dalam satu sistem liga secara utuh. Jadi, sudah tidak ada delapan grup yang masing-masing berisi empat klub seperti yang berlaku musim lalu.

Dilansir dari laman resmi UEFA pada Kamis (8/8/2024), peserta Liga Champions bertambah banyak menjadi 36 tim yang berlaga dalam kompetisi liga tunggal.

Setiap klub akan memainkan delapan pertandingan, yaitu empat kandang dan empat tandang. Masing-masing melawan tim yang berbeda yang ditentukan oleh posisi klub dalam empat grup unggulan.

Setiap tim akan diundi untuk bertanding melawan dua klub dari masing-masing pot, bertanding satu kali melawan tim dari setiap pot di kandang, dan satu kali tandang.

Setelah klasemen liga diketahui, delapan tim teratas otomatis melaju ke babak 16 besar. 

Sementara itu, tim peringkat 9 hingga 24 akan bertanding dalam babak playoff sistem gugur dua leg untuk mengamankan tiket ke babak 16 besar kompetisi.

Tim yang finis di posisi 25 atau lebih rendah akan tereliminasi dan tidak akan bisa ikut Liga Eropa UEFA (UEL).

Di babak 16 besar sampai semifinal, formatnya masih sama. Setiap klub saling berhadapan secara kandang dan tandang. Sementara itu, final digelar sekali di tempat netral yang ditunjuk oleh pihak UEFA.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: