Salam Perpisahan PKS untuk Anies Baswedan

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 10 Agustus 2024 | 09:32 WIB
Bakal calon gubernur Jakarta Anies Baswedan. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Bakal calon gubernur Jakarta Anies Baswedan. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyampaikan salam perpisahan kepada Anies Baswedan. Sebab PKS menarik dukungan kepada Anies sebagai bakal calon gubernur Jakarta.

PKS berterima kasih atas kebersamaan bersama Anies. Khususnya bersama-sama membangun Jakarta pada periode pertama mantan gubernur Jakarta itu.

"Terima kasih atas kebersamaan Pak Anies dan PKS selama ini dalam memimpin dan membangun Jakarta," ujar Wasekjen PKS Zainudin Paru dalam keterangannya, Jumat (9/8/2024).

PKS mendoakan yang terbaik untuk Anies. PKS mengatakan, ikhtiar Anies dalam membangun bangsa akan tercatat sebagai amal soleh.

"Kita saling mendoakan yang terbaik untuk Pak Anies dan PKS. Semoga semua ikhtiar yang telah dilakukan tercatat sebagai amal soleh bagi kebaikan dan kemajuan bangsa Indonesia tercinta kedepan," ujar Zainudin.

PKS menyatakan Anies gagal maju sebagai calon gubernur Jakarta di Pilkada 2024. Sebab Anies tidak berhasil mengamankan tiket untuk maju Pilkada.

PKS hanya kurang empat kursi untuk memenuhi pencalonan Anies. Tetapi sayangnya, Anies telah melewati tenggat waktu 4 Agustus 2024 mengamankan dukungan partai lain untuk membentuk koalisi di Jakarta.

"Anies dan Sohibul Iman (AMAN) kemungkinan gagal jadi Cagub/Cawagub DKJ. Dengan telah lewatnya tenggat waktu 4 Agustus 2024 bagi Anies untuk mendapatkan partai koalisi," kata Zainudin yang juga Sekretaris Tim Seleksi Calon Kepala Daerah DPP PKS.

PKS saat ini tengah membuka komunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM). PKS menimbang untuk mendukung Ridwan Kamil yang diusung KIM sebagai calon gubernur Jakarta. PKS kemungkinan akan mengumumkan secara resmi dalam waktu satu atau dua hari ini.

"Salah satu opsi komunikasi tersebut adalah membangun komunikasi politik dengan KIM di mana RK sebagai calon definitif mereka saat ini. Opsi ini sedang dikaji oleh pimpinan PKS," ujar Jubir PKS Muhammad Kholid.

Sementara, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto mengungkap dalam waktu yang tepat akan mengumumkan PKS sebagai anggota baru Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk bekerja sama di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Prabowo mengaku terus berkomunikasi dan berkonsultasi dengan PKS.

"Ya, ini terus kami konsultasi, komunikasi. Insya Allah, dalam waktu yang tepat kami umumkan," kata Prabowo di Jalan Widya Chandra, Jakarta, Kamis (8/8/2024).sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: