Tiba di Halim, Bendera Pusaka Diterbangkan ke IKN

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Sabtu, 10 Agustus 2024 | 10:30 WIB
Prosesi kirab bendera dan teks proklamasi terbang menuju IKN. (Foto/tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden).
Prosesi kirab bendera dan teks proklamasi terbang menuju IKN. (Foto/tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden).

BeritaNasional.com - Kirab bendera duplikat bendera pusaka Merah Putih dan teks proklamasi tiba di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta setelah menempuh perjalanan dari Monumen Nasional, Sabtu (10/8/2024).

Setelah tiba di bandara Halim Perdanakusuma, Tim purna Paskibraka 2023 yang membawa bendera Merah Putih yakni Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah dan pembawa teks proklamasi Keyla Azzahra Purnama dari Sumatera Selatan, langsung turun dari kendaraan rantis Maung.

Mereka disambut karpet merah yang digelar untuk menuju ke arah pesawat. Setelah itu, mereka naik ke pesawat  Boeing TNI Angkatan Udara (AU) dengan nomor A-7305 untuk terbang ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Tampak juga Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono ikut menaiki pesawat yang akan membawa duplikat bendera pusaka Merah Putih dan teks proklamasi ke IKN.

Sebelumnya Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf mengatakan, kirab bendera akan dilakukan dari Monas menuju Bandara Halim Perdanakusuma. Lalu diterbangkan ke IKN menggunakan pesawat Boeing TNI AU.

"Proses kirab tahun ini menjadi sejarah karena pertama kalinya dibawa ke IKN. Ia menilai prosesi itu melambangkan penghormatan terhadap perjuangan bangsa," ujarnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: