Pemerintah Bantah Pembangunan IKN Dilakukan secara Terburu-buru

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 10 Agustus 2024 | 13:38 WIB
Suasana di IKN. (Foto/Humas OIKN)
Suasana di IKN. (Foto/Humas OIKN)

BeritaNasional.com - Dirjen IKP Kominfo Usman Kansong membantah pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dilakukan terburu-buru. Ia membantah IKN dibangun untuk mengejar peringatan HUT ke-79 RI.

"Ya tidak ada istilah terburu-buru atau dipaksakan. Memang upacara HUT RI sesuai dengan rencana," kata Usman dalam diskusi Trijaya, Sabtu (10/8/2024).

Usman mengatakan, pembangunan IKN dilakukan secara bertahap sampai tahun 2025. Semuanya sudah sesuai dengan rencana pemerintah.

"Begitu juga pembangunannya tidak ada terburu-buru semua sesuai dengan rencana memang pembangunan IKN ini bertahap sampai tahun 2025," katanya.

Usman mengatakan, ada persepsi di masyarakat bahwa IKN dibangun terburu-buru karena mengira sudah selesai saat upacara hari kemerdekaan 17 Agustus.

"Kenapa ada persepsi terburu-buru karena masyarakat membayangkan ketika 17 agustus IKN sudah beres padahal belum," katanya.

"Yang beres adalah infrastruktur dasar untuk HUT RI di sana. Jadi ini yang perlu kita pahami," sambungnya.

Menurut Usman, pembangunan IKN perlu dilihat dari segi substansi. IKN sebagai upaya membangun pusat ekonomi baru, serta sebagai kota yang inklusif.

"Karena IKN yang penting substansinya beberapa hal, episentrum ekonomi baru untuk menghilangkan atau menghapus mengurangi gap. Yang kedua dia menjadi kota cerdas masa depan yang inklusif," ujar Usman.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: