Usai Mundur dari Ketum Golkar, Airlangga Menuju IKN untuk Dinner dengan Jokowi

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 11 Agustus 2024 | 17:12 WIB
Airlangga Hartarto Mundur sebagai Ketua Umum Golkar. (BeritaNasional/Tangkapan layar)
Airlangga Hartarto Mundur sebagai Ketua Umum Golkar. (BeritaNasional/Tangkapan layar)

BeritaNasional.com -  Airlangga Hartarto berangkat ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, usai mundur sebagai Ketua Umum Partai Golkar pada Minggu (11/8/2024).

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia.

"Ke IKN," kata Doli kepada wartawan di Rumah Dinas Airlangga di Widya Chandra, Jakarta Selatan, Minggu (11/8/2024).

Doli menjelaskan bahwa tujuan Airlangga ke IKN adalah untuk menghadiri makan malam bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebab, akan ada rapat kabinet pada Senin (12/8/2024) besok.

"Besok akan ada rapat kabinet. Nanti malam ada dinner dengan Pak Presiden Jokowi yang mengundang semua anggota kabinet. Kalau tidak salah, juga akan dihadiri para gubernur atau pihak lainnya. Jadi, ini adalah persiapan untuk rapat kabinet besok di IKN," ujar Doli.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Ketua Umum Partai Golkar pada Minggu (11/8/2024).

"Setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar serta memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat, maka dengan mengucapkan Bismillahirohmanirohim dan atas petunjuk Tuhan Yang Maha Esa, saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar," ujar Airlangga dalam video yang diterima Beritanasional.com.

Airlangga menyebutkan bahwa pengunduran dirinya terhitung sejak Sabtu malam (10/8/2024). Nantinya, DPP Partai Golkar akan menyiapkan mekanisme organisasi sesuai ketentuan AD/ART.

"Semua proses ini akan dilakukan dengan damai, tertib, dan dengan menjunjung tinggi marwah Partai Golkar. Demokrasi harus kita kawal dan kembangkan terus-menerus," tambah Airlangga.

Sebagai informasi, Airlangga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar sejak 2017. Munas Golkar pada 2019 mengukuhkan Airlangga sebagai Ketua Umum kembali.

Seharusnya, Airlangga menjabat sebagai Ketum Golkar hingga Desember 2024, bertepatan dengan digelarnya Munas.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: