Golkar Pastikan Pengunduran Diri Airlangga Tidak Ganggu Partai

Oleh: Panji Septo R
Minggu, 11 Agustus 2024 | 22:34 WIB
Airlangga Hartarto Mundur sebagai Ketua Umum Golkar. (BeritaNasional/Doc. Antara)
Airlangga Hartarto Mundur sebagai Ketua Umum Golkar. (BeritaNasional/Doc. Antara)

BeritaNasional.com - Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, mengatakan bahwa pengunduran diri Airlangga Hartarto tidak akan mengganggu organisasi.

Menurutnya, Partai Golkar sudah berpengalaman dan ia memastikan partai ini akan tetap berjalan dengan baik meskipun tanpa Airlangga sebagai Ketua Umum.

“Bagi Partai Golkar, pengunduran diri seorang Ketua Umum bukanlah sesuatu yang, Insya Allah, akan mengganggu perjalanan roda organisasi Partai Golkar,” ujar Doli di DPP Partai Golkar, Minggu (11/8/2024).

Lebih lanjut, Doli memastikan bahwa Partai Golkar akan tetap beroperasi sesuai dengan mekanisme yang selama ini menjadi acuan. Dan tidak kemungkinan bakal ada penyelenggaraan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub).

Doli menjelaskan bahwa dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Golkar terdapat tiga kondisi yang dapat memicu dilaksanakannya Munaslub: pertama, apabila seorang Ketua Umum berhalangan tetap; kedua, apabila terkena masalah hukum; dan ketiga, apabila Ketua Umum mengundurkan diri.

“Dengan mundurnya Airlangga, ini memenuhi salah satu syarat untuk segera mencari Ketua Umum yang baru melalui forum Munaslub,” tuturnya.

Ia menegaskan bahwa proses dan tahapan menuju Munaslub diatur dalam mekanisme organisasi.

Pengunduran diri Airlangga akan dilegitimasi melalui rapat pleno yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Mudah-mudahan semakin cepat semakin baik. Kami rencananya paling lambat Selasa, Insya Allah, akan melaksanakan rapat pleno,” ucapnya.

“Rapat ini bertujuan untuk menerima dan melegitimasi surat pengunduran Bapak Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum,” imbuhnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: