China Dukung Iran Pertahankan Keamanan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 12 Agustus 2024 | 17:00 WIB
China dukung Iran pertahankan keamanan (Foto/Pixabay)
China dukung Iran pertahankan keamanan (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan, China mendukung Iran dalam mempertahankan kedaulatan, keamanan, dan martabat nasionalnya.

Dalam pembicaraan dengan Menlu Iran Ali Bagheri Kani, Wang Yi mengatakan, China mengecam keras pembunuhan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran, Iran pada tanggal 31 Juli.

China mengatakan, pembunuhan Haniyeh melanggar kedaulatan Iran karena pembunuhan terjadi di Teheran. Selain itu juga mengancam stabilitas regional di Timur Tengah,.

Hingga kini Israel tidak berkomentar atas pembunuhan Haniyeh tersebut. Israel juga tidak mengakui atau menyangkal tuduhan itu.

Dikutip dari VOA, Wang Yi mengatakan kepada Ali Bagheri, bahwa pembunuhan Haniyeh telah secara langsung merusak proses negosiasi gencatan senjata di Gaza dan merusak perdamaian dan stabilitas regional.

"China mendukung Iran dalam mempertahankan kedaulatan, keamanan, dan martabat nasionalnya sesuai dengan hukum, dan dalam upayanya menjaga perdamaian dan stabilitas regional. China juga siap menjaga komunikasi erat dengan Iran," kata Wang.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: