Dinkes Jaksel Buka Posko Bantuan Layanan Kesehatan Korban Kebakaran Manggarai

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 13 Agustus 2024 | 18:45 WIB
Sejumlah warga mengamati sisa kebakaran di permukiman padat penduduk Kelurahan Manggarai, Tebet, Jakarta, Selasa (13/8/2024). (BeritaNasional.com/Oke Atmaja)
Sejumlah warga mengamati sisa kebakaran di permukiman padat penduduk Kelurahan Manggarai, Tebet, Jakarta, Selasa (13/8/2024). (BeritaNasional.com/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Selatan membuka tiga posko layanan medis untuk korban kebakaran RW 6 dan RW 12, Kelurahan Manggarai, Jakarta Selatan.

Posko ini didirikan dekat dengan lokasi pengungsian dan beroperasi 24 jam. Para tenaga kesehatan ini berjaga dengan dibagi menjadi tiga sif per hari.

"Kami buat posko di area Stasiun Manggarai, gudang atau bengkel Kereta Api Indonesia (KAI), dan dekat SDN 05 Manggarai. Ada dua tenaga kesehatan yang ditugaskan di masing-masing posko," kata Kepala Sudinkes Jakarta Selatan Yudi Dimyati dalam keterangannya.

Yudi menjelaskan layanan yang diberikan meliputi pemeriksaan kesehatan, pemberian obat, hingga trauma healing, khususnya bagi anak-anak. 

Menurut dia, layanan kesehatan di posko terus diberikan menyesuaikan kebutuhan dan kondisi di lapangan. Apabila beberapa hari ke depan sudah berkurang, layanan akan bersifat mobile.

"Semuanya kami berikan gratis. Kami juga melakukan pemeriksaan kandungan dan membagikan makanan katering kepada penyintas kebakaran. Semoga dengan layanan kesehatan yang kami berikan akan menjaga kesehatan jasmani, rohani, dan mental penyintas kebakaran," tandas Yudi.

Sebagai informasi, saat ini, pendinginan masih berlangsung di lokasi. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, jumlah warga yang terdampak adalah 3.332 orang.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: