Pemerintah Akan Umumkan Sektor Mana Saja Jalankan Program Makan Bergizi Gratis

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 16 Agustus 2024 | 16:42 WIB
Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. (BeritaNasional/Elvis).
Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menuturkan, pemerintah akan mengumumkan sektor mana saja yang akan menjalankan program unggulan Presiden terpilih Prabowo Subianto, Makan Bergizi Gratis (MBG). Program tersebut sudah masuk anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun anggaran 2025.

"Itu tadi kan memang gak disampaikan, karena memang mungkin dari pemerintah memang belum menyampaikan pada saat tadi, tapi kami tau masuknya di sektor mana sektor mana, nanti pemerintah yang mengumumkan," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Program Makan Bergizi Gratis itu sudah disinkronisasi pada saat APBN 2025 disusun. Sehingga bisa dijalankan pada tahun depan.

"Kita sudah sinkronisasi kan pada saat penyusunan APBN, seperti kita sama-sama tau bahwa dalam APBN 2025 makan bergizi gratis itu masuk ke dalam program pemerintah yang akan dilaksanakan 2025," kata wakil ketua DPR ini.

Saat ini belum dirinci program Makan Bergizi Gratis itu masuk dalam kementerian atau lembaga tertentu. Tetapi akan ada dalam program di beberapa kementerian dan lembaga.

"Memang di situ enggak ada rinciannya kan, semua memang secara global tetapi kemudian di APBN itu secara rinci itu ada per program per kementerian lembaga itu ada," kata Dasco.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa program makan siang bergizi gratis dapat meningkatkan gizi anak sekaligus memberdayakan UMKM.

Diketahui program makan bergizi gratis adalah salah satu program andalan presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto. 

“Makan Bergizi Gratis (MBG) diarahkan untuk meningkatkan gizi anak sekaligus memberdayakan UMKM, dan meningkatkan ekonomi masyarakat kecil di daerah,” kata Jokowi dalam Sidang Paripurna DPR RI dan Pembacaan Nota Keuangan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Jokowi juga memastikan program makan bergizi gratis akan masuk dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun anggaran 2025. Namun, akan dilakukan secara bertahap. 

“Program Makan Bergizi Gratis dilakukan secara bertahap, diselaraskan dengan kesiapan teknis dan kelembagaan, serta tata kelola yang akuntabel,” jelas Jokowi.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: