Hadirnya Sheikh Hasina di India Berisiko Hambat Hubungan dengan Bangladesh

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 18 Agustus 2024 | 21:00 WIB
Sheikh Hasina melarikan diri ke India (Foto/X Sheikh Hasina)
Sheikh Hasina melarikan diri ke India (Foto/X Sheikh Hasina)

BeritaNasional.com - Unjuk rasa penuh kekerasan dan mematikan di Bangladesh, akhirnya mengakhiri kepemimpinan  Sheikh Hasina di Bangladesh. Mantan Perdana Menteri Bangladesh tersebut, kini melarikan diri ke India bersama saudaranya.

Para ahli mengatakan, India ingin menjaga hubungan bilateral yang baik dengan Bangladesh dan tidak ingin hadirnya Hasina di negaranya menyebabkan ketegangan antara India-Bangladesh.

Ajay Bisaria, mantan Komisaris tinggi India untuk Pakistan mengatakan, "Hadirnya Sheikh Hasina menyebabkan dilema yang pelik bagi India."

Meskipun India ingin menyambut Hasina, ujar dia, jika Hasina tinggal di India terus, maka bisa berisiko memicu tuntutan ekstradisi dari pemerintah sementara Bangladesh atas dugaan kejahatan kemanusiaan.

Bisaria menjelaskan, hadirnya Hasina bisa menghambat upaya India untuk membangun hubungan baik dengan pemerintahan sementara Bangladesh.

"Hasina memilih untuk tinggal sementara di India, sebelum dia mendapatkan perlindungan permanen di Inggris atau negara Barat lainnya,” kata Bisaria.

Dikutip dari DW, Bisaria mengatakan, India tidak akan mendukung pemerintahan pengasingan di India. Sebab ini bisa menimbulkan konflik dengan Bangladesh.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: