PDIP Tunggu Arahan Megawati untuk Jadi Oposisi

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 18 Agustus 2024 | 13:48 WIB
Hasto sebut PDIP tunggu arahan Megawati (Beritanasional/Panji)
Hasto sebut PDIP tunggu arahan Megawati (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - PDI Perjuangan (PDIP) menunggu arahan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri untuk menentukan apakah partai berlogo banteng ini menjadi oposisi dalam pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, keputusan Megawati itu akan diumumkan pada Kongres lima tahunan.

"Posisi PDIP itu jalan kerakyatan. Kita lihat bagaimana national call memanggil kami dan itu akan diputuskan Ibu Megawati Soekarnoputri termasuk di dalam kongres yang akan datang," kata Hasto kepada wartawan di Kawasan GBK, Jakarta Pusat, Minggu (18/8/2024).

Hasto berujar, saat ini partai sibuk menggalakkan semangat untuk tidak takut dengan intimidasi dari pihak manapun.

"Tugas kita sekarang adalah menggerakkan kekuatan moral, kebenaran. Tugas kita mendorong dengan bulan Agustus ini tidak ada orang yang takut intimidasi dan mari kita tempatkan kekuasaan pada wataknya untuk rakyat, bukan keluarga," ujar Hasto.

Meski demikian, Hasto menegaskan bahwa pihaknya tak takut menjadi oposisi. Ia pun menyinggung soal perjuangan Ir Soekarno saat mendirikan bangsa Indonesia.

"Buat apa mereka berjuang mengorbankan diri kalau akhirnya kekuasaan disalahgunakan dan konstitusi di manipulasi? Kalau demokrasi dibelokkan? Kalau anggaran negara digunakan untuk politik elektoral?" tegas Hasto.

"Ini yang ingin dikoreksi oleh PDIP dan bulan Agustus ini akan menggelorakan semangat perjuangan itu," tambahnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: