Kamala Harris Yakin AS Siap Sambut Presiden Perempuan Pertama

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 19 Agustus 2024 | 04:00 WIB
Capres AS dari Partai Demokrat Kamala Harris (X/VP Kamala Harris)
Capres AS dari Partai Demokrat Kamala Harris (X/VP Kamala Harris)

BeritaNasional.com - Capres AS dari Partai Demokrat Kamala Harris yakin, waktunya telah tiba terdapat perempuan kulit hitam pertama di AS. Ia secara resmi diusung menjadi calon presiden AS dari Partai Demokrat di Chicago minggu depan.

"Sepanjang karier saya, saya sering mendengar orang berkata ketika saya mencalonkan diri orang-orang belum siap, ini bukan waktu Anda, tidak ada yang seperti Anda yang pernah melakukan hal itu sebelumnya," kata Harris.

"Saya tidak mengindahkan, dan saya tidak mau mengindahkan omongan semacam itu,” katanya.

Dalam catatan sejarah, Harris telah mencapai banyak pencapaian penting. Dengan ibu berdarah India dan ayah berdarah Jamaika, ia menjadi perempuan pertama yang terpilih sebagai jaksa agung di California, serta orang Afrika-Amerika dan Asia-Amerika pertama yang menjabat posisi tersebut. 

Dikutip dari VOA, Harris kembali mencetak sejarah saat berhasil menjadi wakil presiden pertama di AS dengan latar belakang tersebut.

Lembaga riset yang berbasis di Washington, Paw Research Center, pada September 2023 menemukan fakta bahwa masalah gender bukan lah faktor yang menjadi pertimbangan bagi sebagian orang Amerika dalam memilih presiden.

Enam puluh persen responden mengatakan bahwa seorang presiden perempuan akan dapat menangani tekanan sebaik seorang pria, sementara 27 persen percaya bahwa ia bahkan dapat melakukannya dengan lebih baik.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: