Golkar Sebut Peta Politik Pilkada Berpotensi Berubah Usai Putusan MK

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 20 Agustus 2024 | 15:46 WIB
Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Panji Septo)
Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Panji Septo)

BeritaNasional.com -  Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, menyatakan bahwa pencalonan kepala daerah oleh Golkar bisa berubah akibat perubahan syarat yang didasarkan pada putusan Mahkamah Konstitusi.

"Ya, kalau secara politik, secara strategi, begitu peraturan berubah, peta kekuatan berubah, tentu kita harus menyesuaikan diri," kata Doli di JCC, Jakarta, Selasa (20/8/2024).

Golkar belum mengkaji kembali dukungan kepada calon kepala daerah yang sudah dideklarasikan, karena informasi mengenai putusan MK baru saja keluar.

Namun, Golkar akan segera duduk bersama dengan partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk memetakan kembali pencalonan dalam Pilkada 2024.

"Makanya nanti saya kira Golkar bersama dengan KIM mungkin harus duduk bersama lagi, memetakan ulang, kira-kira nanti pasca-putusan MK seperti apa. Sekali lagi, kita tunggu putusan MK dan salinan lengkapnya," ujar Doli.

Ketua Komisi II DPR ini yakin KIM akan tetap solid bersama-sama dalam Pilkada 2024, karena setiap keputusan pencalonan kepala daerah selalu dibahas bersama-sama.

"Ya, Insyaallah selama ini kan kita sudah teruji, kita sudah punya success story di pilpres," kata Doli.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: