Phil Foden Jadi Pemain Terbaik 2024 Versi PFA, Begini Pengakuan Rekan Setimnya

Oleh: Tarmizi Hamdi
Rabu, 21 Agustus 2024 | 12:30 WIB
Pesepak bola Man City, Phil Foden, dinobatkan sebagai pemain terbaik versi PFA 2024. (Foto/laman PFA)
Pesepak bola Man City, Phil Foden, dinobatkan sebagai pemain terbaik versi PFA 2024. (Foto/laman PFA)

BeritaNasional.com - Phil Foden dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Tahun Ini versi PFA setelah musim 2023/2024 yang cemerlang bersama Manchester City.

Foden menjadi penentu kemenangan City dalam perebutan gelar Premier League dengan mencetak 19 gol liga tertinggi sepanjang kariernya beserta 8 assist. 

Selain itu, ada dua hattrick dalam 19 gol tersebut pada kemenangan atas Brentford dan Aston Villa.

Pemain berusia 24 tahun itu juga sangat menonjol di Eropa. Di Liga Champions, Foden mencetak lima gol dan tiga assist hanya dalam delapan penampilan bersama Man City, termasuk gol ciamik di Santiago Bernabeu.

Foden merupakan peraih dua penghargaan Pemain Muda Terbaik PFA, yakni pada 2021 dan 2022. 

Dia juga memenangi penghargaan Pemain Terbaik PFA untuk pertama kalinya di musim yang sama saat dianugerahi gelar Pemain Terbaik Tahun Ini versi Asosiasi Penulis Sepak Bola.

Rekan setimnya di Manchester City dan pemain internasional Spanyol, Rodri, menjagokan Foden sebagai pemain terbaik dalam sejarah Inggris.

“Saya sangat, sangat senang dengan Phil. Sejujurnya, dia anak yang sangat baik, anak yang sangat pemalu. Bagi saya, dia memiliki kemampuan untuk menjadi pemain Inggris terbaik dalam sejarah saat dia mengakhiri kariernya. Dia perlu mempertahankan level permainannya, dia sudah menjadi salah satu pemain terbaik di liga dan di Eropa,’’ ungkap Rodri.

Menurut dia, Foden adalah sosok pemain yang memiliki visi, kualitas, dan ambisi untuk menjadi yang terbaik.

“Saya pikir dia bisa menjadi lebih baik lagi. Kualitas, ambisi, dan kerja keras yang dia miliki. Dia tampil luar biasa musim lalu dan ini adalah musim pertama saya melihatnya membawa tim di punggungnya,” ungkapnya

Foden mengalahkan rekan setimnya, Erling Haaland dan Rodri, untuk merebut gelar tersebut, sedangkan Martin Odegaard dari Arsenal, Cole Palmer dari Chelsea, dan Ollie Watkins dari Aston Villa juga masuk dalam daftar enam teratas penghargaan tersebut.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: