3 Provinsi Papua Perkenalkan Plat Nomor Baru

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 22 Agustus 2024 | 11:00 WIB
Ilustrasi pelat nomor mobil. (BeritaNasional/Freepik)
Ilustrasi pelat nomor mobil. (BeritaNasional/Freepik)

BeritaNasional.com -  Pada tahun ini, ada tiga provinsi di Papua yang telah mengganti kode Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) atau plat nomor.

Ketiga provinsi tersebut adalah Papua Barat Daya, Papua Selatan, dan Papua Tengah.

Pada bulan Mei lalu, Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya mengumumkan bahwa kode plat nomor untuk provinsi ke-38 ini, yang sebelumnya PB, telah berubah menjadi PY. Sementara itu, kode PB tetap digunakan untuk plat nomor di Provinsi Papua Barat.

Kemudian, pada Juli, Pemerintah Provinsi Papua Selatan mengubah kode plat nomor dari PA menjadi PS, sedangkan PA masih digunakan di Provinsi Papua.

Perubahan terbaru terjadi di Provinsi Papua Tengah, yang kini menggunakan kode plat nomor PT, menggantikan kode sebelumnya, yaitu PA. Penggunaan kode PT ini diresmikan dengan penyerahan plat nomor PT 1 kepada Penjabat Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk, oleh Dirlantas Polda Papua beberapa waktu lalu.

“PT berarti Papua Tengah, dan ini menjadi bagian dari penyesuaian administrasi serta identitas daerah,” ujar Ribka, dikutip dari Humas Polri, Kamis (22/8/2024).

Perubahan kode plat nomor di ketiga provinsi ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pajak kendaraan bermotor.

Perubahan ini diprediksi akan memberikan dampak positif yang signifikan, seperti yang telah dirasakan oleh provinsi lain, seperti Jakarta dan Jawa Barat, di mana pendapatan asli daerah terbesar berasal dari pajak kendaraan.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: