Hamas Tetapkan Syarat Negosiasi dengan Israel

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 22 Agustus 2024 | 19:16 WIB
Perlunya gencatan senjata Hamas-Israel mengingat kondisi warga Gaza yang menyedihkan (Foto/UNRWA)
Perlunya gencatan senjata Hamas-Israel mengingat kondisi warga Gaza yang menyedihkan (Foto/UNRWA)

BeritaNasional.com - AS, Qatar, Mesir terus mendorong agar Israel dan Hamas melakukan gencatan senjata di Gaza. Apalagi korban tewas di Gaza sudah mencapai 40 ribu lebih.

Hamas dan gerakan Jihad Islam memberlakukan syarat untuk mencapai negosiasi damai dengan Israel antara lain penghentian perang Gaza, penarikan penuh tentara Israel, rekonstruksi Gaza, penghentian blokade, dan kesepakatan serius bagi pertukaran tahanan.

Persyaratan dari Hamas tersebut diuraikan dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Hamas pada Rabu (21/8/2024) setelah pertemuan yang dihadiri oleh Kepala Dewan Syura Hamas Mohamed Ismail Darwish, Sekretaris Jenderal Jihad Islam Ziad al-Nakhala dan wakilnya Mohamed Hindi. Namun lokasi mereka bertemu tidak dikabarkan.

Dikutip dari Antara, baik Hamas dan Jihad Islam menekankan perlunya memastikan pengiriman bantuan kemanusiaan yang cepat ke Gaza, terlepas dari hasil perundingan mengenai diakhirinya perang.

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden berbicara dengan Netanyahu pada Rabu malam untuk membahas perkembangan negosiasi.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memperingatkan, “Waktu merupakan hal yang sangat penting guna meraih gencatan senjata.” 

Ia terus mendorong agar Hamas dan Israel bisa mencapai negosiasi damai untuk mengakhiri agresi militer Israel di Gaza.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: