Jenderal Senior AS Lakukan Lawatan ke Timur Tengah Dorong Gencatan Senjata di Gaza

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 25 Agustus 2024 | 23:00 WIB
AS dorong gencatan senjata di Gaza (Foto/UNRWA)
AS dorong gencatan senjata di Gaza (Foto/UNRWA)

BeritaNasional.com - Presiden AS Joe Biden terus mengawasi saling serang antara Israel dan Hizbullah di Lebanon. Apalagi Israel baru saja meluncurkan serangkaian serangan udara ke Lebanon sebagai balasan persiapan Hizbullah untuk serangan skala besar.

Biden sudah bertemu tim keamanan nasionalnya sepanjang malam dan atas arahannya. Pejabat senior AS juga telah berkomunikasi dengan para pejabat Israel.

Jenderal Senior AS pun mulai melakukan kunjungan mendadak ke Timur Tengah untuk membahas cara-cara menghindari peningkatan ketegangan yang dapat berubah menjadi konflik yang lebih luas. 

Dikutip dari VOA, kunjungan tersebut berlangsung ketika kawasan itu bersiap menghadapi ancaman serangan Iran terhadap Israel.

Jenderal Angkatan Udara AS CQ Brown mulai melakukan lawatannya di Yordania. Brown mengatakan, ia juga melakukan perjalanan ke Mesir dan Israel dalam beberapa hari mendatang untuk mendengarkan pandangan para pemimpin militer.

Kunjungannya itu dilakukan karena AS terus mendorong agar Israel dan Hamas mencapai kesepakatan gencatan senjata di Gaza dengan imbalan kesepakatan pembebasan sandera.

“Jika kesepakatan gencatan senjata tercapai makan akan menurunkan ketegangan," kata Brown.

"Pada saat yang sama, ketika saya berbicara dengan rekan-rekan saya, hal-hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk mencegah eskalasi yang lebih luas dan memastikan kita mengambil semua langkah yang tepat untuk menghindari konflik yang lebih luas," terang Brown.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: