Zelensky Yakin Drone Baru Bikin Ukraina Mampu Lancarkan Serangan ke Rusia

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 26 Agustus 2024 | 08:00 WIB
Presiden Volodymyr Zelensky memuji drone baru Ukraina (Foto/Wikimedia Commons)
Presiden Volodymyr Zelensky memuji drone baru Ukraina (Foto/Wikimedia Commons)

BeritaNasional.com - Presiden Volodymyr Zelensky memuji drone baru Ukraina. Ia menilai drone baru tersebut bisa membuat Ukraina untuk melancarkan serangan ke wilayah Rusia.

"Musuh kita akan tahu cara Ukraina untuk membalas dendam. Layak, simetris, dan jarak jauh," kata Zelensky.

"Seorang lelaki tua (Putin) yang sakit dari Lapangan Merah, yang terus-menerus mengancam semua orang dengan tombol merahnya, tidak akan bisa menetapkan garis merah untuk kita," ujarnya dalam sebuah video di aplikasi Telegram.

Rusia telah menyerang Ukraina dengan ribuan rudal dan drone sejak invasi pada Februari 2022, mengecam serangan drone Ukraina dan menyebutnya sebagai bentuk terorisme. Tentara Moskow terus merangsek di wilayah timur Ukraina dan kini menguasai 18 persen dari wilayah negara tersebut.

Zelensky meminta sekutunya untuk memperbolehkan penggunaan senjata Barat yang lebih jauh di wilayah Rusia. Seperti menyerang pangkalan udara yang digunakan oleh pesawat tempur Rusia yang menembaki Ukraina dengan rudal dan bom luncur.

"Saya ingin menegaskan kembali bahwa keputusan kami mengenai senjata baru, termasuk Palianytsia, adalah pendekatan realistis kami untuk bertindak. Beberapa mitra kami sayangnya masih menunda keputusan," ujar Zelensky.

"Sangat sulit bagi Rusia, bahkan sulit untuk mengucapkan apa sebenarnya yang telah menghantam mereka," kata Zelenskyy mengenai rudal drone tersebut.

Dikutip dari VOA, dalam sebuah dekrit, Zelensky mengangkat panglima tertingginya, Kolonel Jenderal Oleksandr Syrskyi, menjadi jenderal. Ini merupakan bentuk pujian yang halus setelah keberhasilan serangan kilat lintas batas Ukraina ke wilayah Kursk, Rusia.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: