Jokowi: Pramono Anung Izin ke Saya 2 Hari Lalu untuk Ikut Pilgub Jakarta

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Rabu, 28 Agustus 2024 | 16:05 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (BeritaNasional/Elvis).
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung sudah meminta izin kepadanya untuk maju sebagai calon gubernur Jakarta 2024, sejak dua hari lalu.

Jokowi menuturkan, Pramono langsung berbicara kepadanya begitu ditunjuk oleh PDIP menjadi calom gubernur Jakarta yang berpasangan dengan Rano Karno.

"2 hari yang lalu, sudah. Begitu ditunjuk langsung minta izin ke saya," kata Jokowi di Yogyakarta, Rabu (28/8/2024).

Kepala Negara juga enggan mempersoalkan langkah Pramono Pilgub Jakarta 2024. Ia berkata, semua orang berhak mengikuti kontestasi politik, begitu juga dengan Pramono Anung.

"Ya itu hak politik dari pak Pramono Anung dan PDIP dan semua pasti sudah ada kalkulasi politiknya, sudah ada itung-itungan politiknya saya kira memutuskan seperti itu. Bukan sesuatu yang mudah," kata Jokowi.

Sebagaimana diketahui, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengaku mendapat izin dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk maju dalam Pilgub Jakarta 2024. Ia mengaku meminta izin Jokowi melalui telepon kemudian menemui secara langsung.

"Saya berkonsultasi, saya datang langsung, dan saya juga bertelepon langsung," ujar Pramono di rumah dinasnya, Jakarta, Rabu (28/8/2024). 

Pramono mengatakan Jokowi sempat tertawa saat mendengar kabar dirinya akan maju menjadi calon Gubernur Jakarta.

"Beliau tertawa terbahak-bahak, beliau bilang begini 'Mas maju', 'Mas Maju', karena kalau berdua memang kadang-kadang beliau memanggil mas," tuturnya.

Ia mengaku didorong pula oleh Jokowi untuk maju. Menurutnya, kesempatan tersebut tak bisa diberikan kepada semua orang. Setelah itu, ia meminta izin kepada Jokowi.

"Pak saya minta izin, bapak izinkan? Saya izinkan," kata dia.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: