Ada Demo Ojol, Transjakarta Percepat Kedatangan Bus

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 29 Agustus 2024 | 09:48 WIB
Ilustrasi TransJakarta. (Foto/Transjakarta).
Ilustrasi TransJakarta. (Foto/Transjakarta).

BeritaNasional.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyiapkan berbagai langkah untuk mengantisipasi dampak dari demonstrasi yang dilakukan para ojek daring sejabodetabek pada Kamis (29/8/2024).

Direktur Operasional dan Keselamatan, Daud Joseph Transjakarta mengatakan, langkah siaga ini dilakukan agar masyarakat bisa beraktivitas secara normal.

“Transjakarta pelayanan masyarakat harus stand by dalam kondisi apapun, apalagi kalau penyedia yang lain tidak melayani pastinya tanggung jawab kita untuk menyediakan lebih dari yang biasanya,” kata Joseph dalam keterangan resminya.

Joseph mengungkapkan, salah satu antisipasinya adalah dengan mempercepat waktu kedatangan bus atau headway untuk meminimalisir terjadinya penumpukan pelanggan di halte.

Selain itu, Transjakarta juga menyiagakan armada bus cadangan apabila dibutuhkan.

“Kita masih punya cadangan armada 10 persen. Bisanya kita gunakan untuk perawatan dan perbaikan, maintenance di bengkel. Tapi kalau dengan kondisi seperti ini kita akan keluarkan,” ujar Josh.

Dengan cadangan 10 persen itu, lanjut Joseph, diharapkan kekosongan layanan transportasi bisa ditangani dengan baik. Selain itu, Transjakarta juga akan menunda implementasi SPLIT atau pengendapan bus setelah lewat jam sibuk pagi hari.

“Pada jam-jam off peak biasanya di jam 09.00 - 16.00 WIB bisanya bus-bus itu kita pulangkan (SPLIT). Kalau aksi penyampaian pendapat berlangsung di jam-jam itu, pastinya tidak akan kita lakukan penundaan SPLIT untuk memastikan layanan tetap tersedia,” tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: