Sekjen PBB Antonio Guterres Kunjungi Timor Leste

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 29 Agustus 2024 | 14:43 WIB
Sekjen PBB kunjungi Timor Leste (Foto/X Antonio Guterres)
Sekjen PBB kunjungi Timor Leste (Foto/X Antonio Guterres)

BeritaNasional.com - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres tiba di Timor Leste pada Rabu (28/8/2024). Ia berkunjung untuk menghadiri perayaan menjelang peringatan 25 tahun referendum dan kemerdekaan negara itu.

“Dalam 25 tahun sejak referendum, Timor Leste telah mengambil langkah-langkah yang konsisten dan bekerja keras untuk menciptakan masyarakat yang memenuhi kebutuhan dan aspirasi rakyatnya. Timor Leste mungkin tidak punya wilayah luas, tetapi telah mampu menghadapi sejumlah tantangan terbesar,” kata Guterres.

Guterres ditemui dengan hangat di negara itu. Ia disambut anak-anak berpakaian adat dan sorak-sorai antusias mereka, di jalan-jalan Ibu Kota, Dili.

Guterres mengadakan pertemuan dengan Presiden Jose Ramos-Horta di Istana Kepresidenan, di mana mereka membahas tantangan yang sedang berlangsung dan perlunya kerja sama internasional dalam mengatasi perubahan iklim.

“Di seluruh Pasifik, perubahan iklim memengaruhi mereka yang justru paling tidak menjadi penyebabnya. Dan inilah saatnya untuk bertindak melawan perubahan iklim dan memperkuat langkah-langkah untuk melindungi rakyat Timor,” kata Guterres.

Dikutip dari VOA, Presiden Timor Leste Ramos Horta menceritakan bagaimana Guterres membantu negara itu mencapai kemerdekaannya. 

Horta mengatakan, saat berbicara dengan Presiden AS ketika itu, Bill Clinton menyebut bahwa orang yang paling menyentuhnya terhadap isu Timor Timur adalah Antonio Guterres.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: