Anies: Ada Penyesalan Tidak Maju Pilgub Jakarta 2024

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 30 Agustus 2024 | 20:25 WIB
Mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan (dua dari kanan) saat berkunjung ke kediaman Muhaimin Iskandar saat momen Lebaran. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan (dua dari kanan) saat berkunjung ke kediaman Muhaimin Iskandar saat momen Lebaran. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Anies Baswedan mengaku ada penyesalan tidak mengikuti kontestasi Pilkada 2024. Sebab, dia menerima banyak aspirasi dari warga.

"Mungkin, ada yang tanya, 'Pak Anies, ada enggak penyesalan tidak mengikuti pilkada ini?'. Kalau saya ditanya ada penyesalan atau tidak, ada. Ada penyesalan itu," ujar Anies melalui akun YouTube-nya pada Jumat (30/8/2024).

"Apa yang saya sesali? Yang saya sesali adalah aspirasi warga kampung-kampung miskin kota, rakyat miskin kota yang berdatangan ke rumah ini, di tempat ini, setelah pilpres kemarin bergantian, berombongan datang bergantian menyampaikan keinginan, aspirasi 'Pak tolong kembalikan kondisi yang kemarin kami rasakan'," sambungnya.

Anies menyesal karena tidak bisa menuntaskan aspirasi warga Jakarta kepada dirinya. Khususnya karena aspirasi para warga Kampung Bayam.

"Ini yang saya, kalau dibilang perasaan, ya ada perasaan, waduh ini aspirasi ini enggak bisa kami tuntaskan. Lihat warga Kampung Bayam yang telantar, berat rasanya. Lihat kampung-kampung yang setiap kali kita datang, 'Pak tolong ini dituntaskan', berat rasanya kalau mereka tidak bisa mendapatkan penuntasan atas usaha meningkatkan kesejahteraannya," katanya.

"Itu yang kalau ditanya sebagai rasa sesal, bagaimana rakyat miskin di Jakarta yang menjadi fokus perhatian kita bagaimana rakyat miskin di Jakarta yang menjadi fokus perhatian kita tidak bisa saya penuhi harapannya," sambungnya.

Namun, meski tak bisa maju sebagai calon gubernur, Anies merasa perjuangannya tidak berakhir di sini.

"Tapi, bukan berarti perjuangan kita berhenti, dan bukan berarti ikhtiar kita selesai di sini, enggak. Dengan cara lain, nanti kita sama-sama berjuang untuk bisa memperbaiki kondisi rakyat miskin kota yang saat ini menghadapi tantangan yang besar sekali," ujarnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: