Polisi Imbau Warga Hindari GBK saat Misa Paus Fransiskus

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Sabtu, 31 Agustus 2024 | 13:06 WIB
Ilustrasi kendaraan di kawasan GBK. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Ilustrasi kendaraan di kawasan GBK. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Polda Metro Jaya meminta kepada masyarakat yang tidak berkepentingan untuk menghindari kawasan sekitar Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat saat misa kudus Paus Fransiskus pada 5 September 2024 mendatang.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengatakan pihaknya selain meminta masyarakat untuk menghindari wilayah GBK tetapi juga mengikuti arahan dari Penjabat Gubernur Jakarta, Heru Budi Hartono agar menerapkan work from home (WFH).

"Dari Pj Gubernur mengimbau agar masyarakat melakukan WFH. Kami juga menginformasikan di mana kegiatan Paus, agar yang tidak berkepentingan tidak menuju lokasi tersebut untuk menghindari kepadatan," ungkap Latif di Jakarta, Sabtu (31/8/2024).

Latif mengungkapkan, Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan beberapa kantong parkir bagi masyarakat yang akan menghadiri misa Paus Fransiskus. 

Masyarakat juga diingatkan untuk mengoptimalkan kantong-kantong parkir yang telah disediakan dapat dioptimalkan.

"Kantong parkir sudah kita siapkan, nanti ada di Smesco, Aldiron, Kemayoran. Begitu juga di Kampung Rambutan sampai dengan Taman Mini, TMII, yang kita siapkan," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengumumkan rencana kunjungan kenegaraan Paus Fransiskus di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada awal bulan September 2024 mendatang. 

Heru menuturkan bahwa kunjungan Paus Fransiskus ke Jakarta akan berlangsung pada 3- 6 September 2024. Begitu disampaikan Heru dalam keterangan persnya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/8/2024).

“Tanggal 3, 4, 5, dan 6 ada kedatangan tamu negara yaitu Yang Mulia Paus Fransiskus di mana tanggal 3 kedatangan, tanggal 4 adalah kegiatan kenegaraan diterima oleh Bapak Presiden, nanti detailnya Pak KPN yang menyampaikan,” ucap Heru dikutip Selasa (27/8/2024).

Heru menjelaskan bahwa terdapat sejumlah kegiatan seperti Misa Akbar di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) dan Indonesia Sustainability Forum (ISF) di Jakarta Convention Center (JCC) yang akan digelar pada 5 September 2024 mendatang. Untuk mengantisipasi kepadatan.

Heru mengimbau masyarakat untuk memperhatikan pengalihan arus lalu lintas pada tanggal-tanggal penting tersebut.

“Sehingga saya mengimbau kepada masyarakat mencermati ini khususnya tanggal 5 untuk bisa memperhatikan–nanti akan dijelaskan oleh Kepala Dinas Perhubungan dari Polda maupun dari Kodam atau Kodim yang menyesuaikan khususnya arus lalu lintas di mana nanti ada pengalihan di titik-titik tertentu,” tuturnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: