Menteri Israel Serukan Usir Penduduk di Tepi Barat

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 01 September 2024 | 09:00 WIB
Warga Gaza kondisinya sudah sangat mengenaskan (Foto/UNRWA)
Warga Gaza kondisinya sudah sangat mengenaskan (Foto/UNRWA)

BeritaNasional.com - Badan hak asasi PBB mengecam keras seruan menteri Israel untuk mengusir penduduk Tepi Barat. Mereka menyatakan, pernyataan tersebut hanya memicu eskalasi pada situasi yang sudah pelik.

"Terkait pernyataan-pernyataan yang dibuat oleh sejumlah pejabat yang mungkin menjadi hasutan untuk melakukan pelanggaran hak asasi manusia, kami mengutuk keras pernyataan-pernyataan tersebut," kata Juru Bicara Ravina Shamdasani.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz menyerukan melakukan langkah yang diterapkan di Gaza di Tepi Barat utara, termasuk evakuasi sementara bagi warga Palestina, di tengah operasi militer besar di wilayah itu, yang terbesar dalam dua dekade.

“Ini sebenarnya hanya akan memperburuk situasi yang sudah sangat buruk,” kata Shamdasani.

"Kami telah melihat penggerebekan, juga pembunuhan. Kami juga melihat kerusakan pada infrastruktur, infrastruktur penting, termasuk pasokan air bagi masyarakat yang tinggal di sana," kata Shamdasani.

Dikutip dari Antara, ia meminta Israel untuk mematuhi kewajibannya berdasarkan hukum internasional sebagai kekuatan pendudukan.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: