Capres AS Kamala Harris Tolak Embargo Senjata ke Israel

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 01 September 2024 | 14:00 WIB
Capres AS dari Partai Demokrat Kamala Harris (X/VP Kamala Harris)
Capres AS dari Partai Demokrat Kamala Harris (X/VP Kamala Harris)

BeritaNasional.com - Capres AS dari Partai Demokrat sekaligus Wakil Presiden AS Kamala Harris menyatakan dengan tegas menolak kemungkinan ia akan memberlakukan embargo senjata Amerika terhadap Israel yang telah menghancurkan Jalur Gaza.

"Saya tegas dan teguh dalam komitmen saya terhadap pertahanan Israel dan kemampuannya untuk mempertahankan diri, dan itu tidak akan berubah," kata Harris.

"Saya katakan hari ini, Israel punya hak untuk mempertahankan diri. Kami akan melakukannya, dan bagaimana cara melakukannya itu adalah penting," katanya.

Ketika didesak apakah dia akan mendukung perubahan kebijakan AS yang akan memengaruhi bantuan militer, Haris hanya berkata, "Tidak."

Dia mengakui terlalu banyak warga Palestina yang tidak bersalah telah terbunuh akibat pembantaian di Gaza yang telah melampaui 40 ribu orang. Namun sayangnya, ia tetap tidak akan melakukan embargo senjata ke Israel yang selama ini pelaku genosida.

Jumlah korban tewas sebenarnya dikhawatirkan jauh lebih tinggi karena banyak mayat yang masih terperangkap di reruntuhan puing-puing yang luas akibat pemboman Israel.

Dikutip dari Antara, Lebih dari 92.740 warga Palestina lainnya telah terluka selama perang, yang kini telah memasuki bulan kesepuluh, menurut data resmi. Hampir semua dari 2,3 juta penduduk Gaza telah mengungsi.

"Kita harus mencapai kesepakatan gencatan senjata. Kita berada di Doha. Kita harus mencapai kesepakatan. Perang ini harus berakhir," kata Harris.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: