Bikin Jakarta Makin Bahagia, RK-Suswono Bikin Program Sahabat Lansia hingga Mobil Curhat

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 01 September 2024 | 15:08 WIB
RK-Suswono mulai bikin program (Beritanasional/Panji)
RK-Suswono mulai bikin program (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - Bakal Calon Gubernur Jakarta dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus Ridwan Kamil (RK) berjanji membuat Jakarta lebih bahagia dan humanis.

"Kami ingin Jakarta juga menjadi lebih bahagia Nanti kita ingin Jakarta lebih humanis," kata RK dalam acara Deklarasi Relawan Berkah di Bambu Apus, Jakarta Timur, Minggu (1/9/2024).

Untuk merealisasikan hal itu, RK mengungkapkan bahwa dirinya memiliki berbagai program unggulan. Pertama, dia akan membuat program sahabat lansia.

Adapun sahabat lansia ini adalah anak-anak sekolah wajib berkunjung ke tempat para lansia guna mendapatkan kearifan budaya zaman dahulu.

"Insya Allah ada program nanti anak sekolah harus punya sahabat lansia. Sebulan sekali lansianya dikunjungi oleh anak sekolah, dibawa makanan, selfie-selfie sehingga terjadi transfer komunikasi antargenerasi," ujar RK.

Selanjutnya program kedua adalah mobil curhat. Mobil ini akan diisi psikater yang bakal mendengarkan keluh kesah warga Jakarta.

"Kita sedang mempersiapkan namanya mobil curhat. Sebuah kendaraan isinya konsuler, psikiater diperbanyak di mana-mana sehingga kesehatan mental orang stress bisa curhat, yang selama ini mungkin curhatnya ke HP via IG story," ucap RK.

Lalu program ketiga adalah Car Free Day (CFD) di tiap kecamatan agar masyarakat bisa berolahraga dengan riang gembira di dekat tempat tinggalnya.

"Kita ingin Car Free Day tidak hanya di Sudirman, tapi di seluruh kecamatan kita bikin sehingga kebahagiaan bisa merata, tidak usah jauh-jauh ke tengah kota," tambah RK.

"Kita akan ada Car Free Night malam hari sebulan sekali. Supaya UMKM di wilayah antarkampung kita promosi dengan bazar malam," sambungnya.

Selanjutnya untuk tawuran, dia bakal mengatasi secara kemanusiaan dengan membuat festival budaya.

"Tawuran kita selesaikan dengan komunikasi festival budaya antar anak kampung," tandasnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: