Strategi Ekonomi Mikro RK, Bantu Kesejahteraan Warga Jakarta

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 01 September 2024 | 15:14 WIB
RK bikin strategi ekonomi mikro bantu kesejahteraan warga Jakarta (Beritanasional/Panji)
RK bikin strategi ekonomi mikro bantu kesejahteraan warga Jakarta (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - Bakal Calon Gubernur Jakarta dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus Ridwan Kamil (RK) akan menghadirkan program kredit tanpa bunga berbunga. Program ini untuk membantu masyarat miskin atau berpenghasilan rendah.

RK berujar, program ini juga tak perlu jaminan atau agunan sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh kaum dhuafa.

"Dulu di Bandung, nanti akan saya terapkan di Jakarta juga, kami punya program kredit tanpa bunga berbunga, tanpa agunan buat mereka yang tidak punya agunan, untuk masyarakat kaum dhuafa," kata RK dalam acara Deklarasi Relawan Berkah di Bambu Apus, Jakarta Timur, Minggu (1/9/2024).

RK berujar program ini memiliki syarat untuk bisa dinikmati. Adapun syaratnya adalah kredit diajukan oleh lima orang. Tujuannya, agar tak ada pembayaran yang terhambat.

"Sarannya itu mengajukan bantuanya berlima. Walaupun tidak punya agunan, sudah 20.000 di Jawa Barat mendapatkan kebaikan ini. Jadi kalau satu macet, empat tanggung jawab kira-kira gitu ya," ujar RK.

"Nah inilah konsep-konsep dari ekonomi mikro, sampai kotanya akan kita desain Insya Allah menjadi kota global," tambahnya.

Tak hanya itu, RK bakal membuat sekolah untuk 'emak-emak'. Sekolah ini akan mengajarkan para ibu-ibu untuk berbisnis di era digital.

"Termasuk kami juga ingin mengadakan sekolah buat ibu-ibu, buat emak- emak, agar emak-emak bisa berbisnis di era digital hari ini. Gak usah keluar rumah, cukup membuat masakannya dilebihin. Lebihnya dijual via online," tegas RK.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: