Duka Mendalam, Sol Bamba Legenda Sepak Bola Pantai Gading Tutup Usia

Oleh: Tim Redaksi
Minggu, 01 September 2024 | 17:40 WIB
Sol Bamba legenda sepakbola Pantai Gading. (BeritaNasional/doc. Sky Sport)
Sol Bamba legenda sepakbola Pantai Gading. (BeritaNasional/doc. Sky Sport)

BeritaNasional.com -  Bek asal Pantai Gading, Sol Bamba, dilaporkan meninggal dunia di usia 39 tahun, hal ini diumumkan oleh klub Turki Adanaspor, tempatnya menjabat sebagai direktur teknis, pada hari Sabtu, (31/8/2024)..

Sebagai catatan, Bamba memiliki catatan panjang di dunia sepak bola. Dia pernah bermain untuk Cardiff City, Leeds United, dan Leicester City. Dia juga pernah bermain di klub Italia, Palermo, klub-klub Skotlandia Dunfermline Athletic dan Hibernian, serta klub Turki Trabzonspor.

Selama karier internasionalnya, Bamba mencatatkan 46 penampilan untuk negaranya dan mencetak satu gol. Dia pensiun pada Januari 2023 dan beralih ke dunia kepelatihan, sebagai asisten manajer di Cardiff sebelum mengambil peran sebagai direktur teknis di Adanaspor.

Adanaspor menyatakan, "Direktur teknis kami, Souleymane Bamba,  jatuh sakit sebelum pertandingan kemarin melawan Manisa Football Club, telah dibawa ke Rumah Sakit Universitas Manisa Celal Bayar dan sayangnya kehilangan perjuangannya." Klub tersebut menambahkan, "Kami menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan komunitas kami."

Bamba didiagnosis menderita limfoma non-Hodgkin pada 2021, namun dinyatakan bebas kanker setelah menjalani kemoterapi.

Cardiff City, di mana Bamba berhasil membawa tim promosi ke Premier League pada musim pertamanya, menyebut dampaknya pada klub sangat tidak terukur jasanya. Klub tersebut mengatakan, "Dengan kesedihan mendalam, kami menerima berita tentang meninggalnya legenda klub, Sol Bamba. Dia adalah pahlawan bagi kami semua, seorang pemimpin di setiap ruang ganti, dan seorang pria sejati," tulis pihak klub dalam keteranganya.

Tim nasional Pantai Gading juga mengungkapkan duka mendalam mereka melalui Instagram, "Ini adalah berita yang sangat tragis. Sol Bamba telah meninggal dunia pada usia hanya 39 tahun. Belasungkawa terdalam kami untuk keluarga".

Leeds United menyebutnya sebagai 'salah satu orang terbaik dalam sepak bola'. Mereka menyampaikan, "Pikiran kami bersama keluarga dan teman-teman Sol di saat-saat tragis ini. Beristirahatlah dalam damai, Sol. Kamu akan selamanya berada di hati kami,".sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: