PKS Sebut Pernah Usulkan Anies Baswedan Bikin Partai

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 03 September 2024 | 13:15 WIB
Mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan saat bersilaturahmi ke kediaman Ketum PKB Muhaimin Iskandar. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan saat bersilaturahmi ke kediaman Ketum PKB Muhaimin Iskandar. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid mengungkapkan pihaknya pernah mengusulkan Anies Baswedan untuk membentuk partai politik.

Hal itu dikatakan PKS jauh sebelum Anies mempertimbangkan membuat partai setelah batal maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Kami sendiri, saya pernah sampaikan ke beliau tentang opsi untuk kenapa beliau tidak membuat partai saja begitu," ujar Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Hidayat mendoakan Anies agar sukses dalam mendirikan partai politik. Dia menyebut banyak orang yang membuat partai. Ada yang sukses dan gagal.

"Kalau sekarang opsi semakin menguat dan beliau akan mengapresiasi atau merespons, saya doakan agar beliau sukses dengan partainya. Kami akan berkolaborasi atau berkompetisi. Semuanya sesuai dengan aturan demokrasi dan aturan yang disepakati di Indonesia," ujarnya.

"Di indonesia, banyak orang bikin partai, partai datang dan pergi, partai ada yang sukses dan enggak sukses," kata wakil ketua MPR ini.

Hidayat mengungkit kesuksesan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mendirikan Partai Demokrat. 

Kala itu, SBY mendirikan partai usai gagal terpilih sebagai wakil presiden. Akhirnya, sejarah membuktikan bahwa SBY bisa sampai menjadi presiden.

"Sekalipun memang tidak otomatis bikin partai kemudian bisa jadi presiden, enggak juga. Kita tahu waktu Mas Budiman Sudjatmiko dulu membuat PRD, ternyata juga kita tahu bagaimana hasilnya," katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: