Menag Ungkap Pesan Khusus dari Paus Fransiskus

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 03 September 2024 | 17:14 WIB
Menter Agama Yaqut Cholil Qoumas saat menyambut kedatangan Paus Fransiskus. (Foto/Kemenag).
Menter Agama Yaqut Cholil Qoumas saat menyambut kedatangan Paus Fransiskus. (Foto/Kemenag).

BeritaNasional.com - Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan pesan dari Paus Fransiskus. Ia bilang, pesan tersebut mengenai pentingnya menjaga dialog antariman.

Hal itu dikatakan Yaqut usai menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Pesawat yang membawa Paus Fransiskus mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (3/9/2024).

Yaqut berkata, dialog antariman adalah kunci penting bagi toleransi dan perdamaian di sebuah dunia.

"Acara di Istiqlal nanti juga penting, karena setelah pertemuan dengan presiden, beliau akan melanjutkan di Istiqlal, ada acara Interfaith Dialogue. Saya kira ini manifestasi dari apa yang tadi beliau ucapkan, bahwa dialog itu menjadi kunci utama bagi sukses perdamaian, bukan hanya dunia, tapi antarumat manusia," ujar Yaqut dalam keterangannya.

Terkait kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Yaqut bilang bahwa harus dimaknai sebagai keinginan untuk membangun perdamaian. Ia mengajak semua masyarakat Indonesia untuk dapat menunjukkan persatuan dan kesatuan, sikap saling memahami dan saling pengertian.

"Kami berharap beliau menyaksikan bagaimana keberagaman di Indonesia itu bisa terpelihara dengan baik," jelasnya.

Kunjungan Apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia ini, kata Gus Men, merupakan sebuah kebanggaan. Sebelumnya, Paus Paulus ke-6 juga telah mengunjungi Indonesia pada 1970, dan Paus Johannes Paulus ke-2 pada 1989.

"Yang paling penting menurut saya dari semua proses ini adalah mempererat hubungan antara Indonesia dan Vatikan," tandas dia.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: